Liga 1

Dibantu 2 Kali Blunder Kiper Lawan, Barito Menang atas Persebaya 3-2

Syukron Fadillah ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 17:35 WIB
Dibantu 2 Kali Blunder Kiper Lawan, Barito Menang atas Persebaya 3-2

Barito Putera sukses mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 3-2 di pekan ke-21 Liga 1 di Stadion 17 Mei, Minggu (12/8/2018). (Foto: liga-indonesia.id)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BANJARMASIN, iNews.id - Barito Putera sukses mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 3-2 di pekan ke-21 Liga 1 di Stadion 17 Mei, Minggu (12/8/2018). Dalam laga tersebut, tuan rumah diuntungkan dua blunder tim tamu yang berbuah gol.

Persebaya langsung menekan pertahanan tuan rumah saat laga berusia lima menit. Robertino Pugliara yang merangsek dari sayap kanan permainan membuat pertahanan Barito kocar-kacir. Sayangnya aksi Pugliara tidak mendapat dukungan dari lini kedua.

Pada menit ke-15 tuan rumah mendapat asa untuk mencetak gol pertama melalui striker andal mereka Marcel Sacramento. Hanya saja, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih tepat di pelukan Dimas Galih.

Setelahnya, Persebaya kembali meneror gawang Barito. Berawal dari sebuah crossing manis dari sisi kiri, Rishadi Fauzi segera melepaskan tendangan terukur. Bagusnya, Adhitya Harlan mampu menepis peluang tersebut.

Kemudian pada menit ke -20 dan 26, Fauzi lewat sundulannya memaksa Harlan kembali bekerja keras. Hanya saja, kedua tandukannya masih belum tepat sasaran.

Di tengah tekanan tersebut, publik tuan rumah akhirnya bersorak di menit ke-34. Berawal dari kesalahan Galih yang bermaksud membuang si kulit bundar, bola justru berhasil diblok Paulo Sitanggang yang kemudian meluncur deras ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk Barito pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki interval kedua, Persebaya tak menurunkan tempo serangan. Mereka mampu menguasai lini tengah permainan dan membuat para pemain tuan rumah bekerja ekstra keras.

Namun, karena keasikan menyerang gawang Bajul Ijo justru kembali bobol. Rizky Pora yang lepas dari jebakan offside dengan cerdik mencungkil bola begitu melihat posisi Galih yang maju meninggalkan sangkarnya. Barito pun sementara unggul 2-0.

Bukan malah menciut, anak asuh Angel Alfredo Vera justru semakin deras membombardir pertahanan tuan rumah. Hasilnya pun postif, di menit ke-73 Fauzi akhirnya berhasil merobek gawang tuan rumah setelah banyak membuang peluang. Skor pun berubah 2-1.|

Sayangnya kerja keras lini serang Persebaya tidak diikuti performa apik Galih. Kiper 25 tahun itu kembali melakukan blunder saat hendak membuang bola. Samsul Arif yang ketiban utung tidak menyia-nyiakan bola yang berada di kakinya. Barito pun unggul 3-1 di menit ke-78.

Laga menjadi kian sengit setelah Persebaya mampu mencetak gol kedua di menit ke-86. Setelah tiga tandukan di awal tidak satu pun yang menemui sasaran, Fauzi kali ini berhasil memasukkan bola lewat sundulannya. Dalam kedudukan 3-2, Persebaya kian bersemangat untuk terus menyerang. Namun, sisa waktu yang tidak banyak menggagalkan upaya Persebaya menyamakan kedudukan.

SUSUNAN PEMAIAN
BARITO PUTERA (4-2-3-1)
Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Muhammad Rifki, Dandi Maulana, Roni Esar Beroperay; Douglas Packer, Matías Jesús Cordoba (Adi Setiwan 78); Samsul Arif, Paulo Sitanggang (Jajang Sukmara 90), Rizky Pora; Marcel Sacramento (Ronal Rio Nugroho 86)
Pelatih: Jacksen F Tiago

PERSEBAYA SURABAYA (4-3-3)
Dimas Galih (Miswar Pratama 80); Onorionde Kughebe John (Rendi Saputra 63), Ar Maulana, Ruben Karel Sanadi, Fandry Imbiri; Robertino Pugliara, Otavio Dutra, Misbakus Solikin; R Fauzi, Oktafianus Fernando, Ricky Kayame (Fandi Utomo 37)
Pelatih: Angel Alfredo Vera


Editor : Achmad Syukron Fadillah