Liga Belanda

Prediksi Ajax vs Groningen: Diganggu Kritikan untuk Blind

Haryo Jati Waseso ยท Sabtu, 15 September 2018 - 12:45 WIB
Prediksi Ajax vs Groningen: Diganggu Kritikan untuk Blind

Bek Ajax Amsterdam Daley Blind. (Foto: Twitter)

AMSTERDAM, iNews.id - Kritikan kepada Daley Blind yang dianggap tak mampu bertahan dengan baik menganggu persiapan Ajax Amsterdam saat akan menghadapi Groningen di Johan Cruijf Arena, Minggu (16/9/2018) dini hari WIB pada lanjutan Eredivisie. Laga itu akan disiarkan secara langsung oleh iNews.

Pemain berusia 28 tahun itu menerima kritikan keras ketika membela tim nasional Belanda ketika mengalahkan Peru 2-1 pada laga uji coba, Jumat (7/9/2018) dini hari WIB dan kala ditaklukkan Prancis 1-2 di ajang UEFA Nations League, Senin (10/9/2018) juga pada dini hari.

Kala itu, Blind dianggap terlalu asyik menyerang, sehingga kerap meninggalkan posnya di lini belakang. Hal itu berimbas pada kemampuan lawan memberikan ancaman. Kondisi itu jelas menjadi kekhawatiran bagi para pendukung Ajax.

Meski hingga saat ini baru De Godenzonen baru kebobolan satu kali di Eredivisie, kondisi itu menjadi indikasi berbahaya di laga nanti. Pelatih Ajax Eric Ten Hag pun mencoba mendinginkan situasi dan membela Blind.

“Saya tak setuju dengan pendapat orang-orang yang menyebut dirinya pengamat, bahwa dia (Blind) tak mampu bertahan. Jika dia tak mampu melakukannya tak mungkin Manchester United mendatangkannya dan menjadi pemain di posisi ketiga timnas Belanda di Piala Dunia (2014),” ujarnya dikutip De Telegraaf.

Hal itu membuat Blind akan kembali diandalkan Ten Hag pada laga ini. Namun, sang pembesut menegaskan belum bisa menurunkan Kasper Dolberg meski yang bersangkutan dikabarkan sudah pulih dari cedera berkepanjangan.

Penyerang senior Klaas Jan Huntelaar yang sudah mencetak 4 gol di liga, akan kembali menjadi andalan. Sementara itu, meski menjadi tim tamu Groningen bertekad untuk meraih poin.

Pelatih tim berjulukan Pasukan Hijau Putih itu Danny Buijs tak ingin timnya menyerah sebelum bertanding. Meski menyadari hal itu akan sulit, Buijs menegaskan jika memiliki keyakinan torehan positif bisa didapat.

“Saat masih bermain untuk Groningen saya tak pernah bisa mengalahkan Ajax, tetapi pernah melakukannya ketika membela ADO Den Haag. Kami saat itu tampil mengejutkan dan mampu mengalahkan PSV dan Ajax. Anda memerlukan keberuntungan dan mencapai level bagus, tetapi semua dimulai dari keyakinan,” ucapnya.

“Tentu saja kami memerlukan hari terbaik untuk mendapatkan hasil dan kami masih harus berusaha menggapai level yang dicapai Ajax. Mereka begitu bagus dan kami akan banyak bertahan. Kami akan bermain dengan banyak perubahan serta serangan balik,” tutur Buijs.

Saat ini perbedaan Ajax dan Groningen cukup jauh. Tuan rumah masih berada di posisi kedua klasemen sementara Eredivisie dengan torehan 10 poin dari 4 pertandingan, dan Groningen masih tertahan di peringkat ke-16 dengan nilai 3.

PERKIRAAN PEMAIN
AJAX (4-2-3-1)

Onana; Mazroui, De Light, Blind, Tagliafico; Schone, De Jong; Ziyech, Neres, Tadic; Huntelaar
Pelatih: Eric Ten Hag

GRONINGEN (4-2-3-1)
Padt; Zeefuik, Wierik, Memisevic, Handwerker; Hrustic, Reis; Doan, Breij, Warmerdam; Pohl
Pelatih: Danny Buijs  

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

1/4/2018

Eredivisie

Groningen vs Ajax

1-2

20/8/2017

Eredivisie

Ajax vs Groningen

3-1

5/3/2017

Eredivisie

Groningen vs Ajax

1-1

4/12/2016

Eredivisie

Ajax vs Groningen

2-0

14/2/2016

Eredivisie

Groningen vs Ajax

1-2


PREDIKSI: 65-35


Editor : Haryo Jati Waseso