Liga Inggris

Tuntaskan Dendam, Liverpool Kalahkan Tottenham Hotspur di Wembley

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 15 September 2018 - 20:54 WIB
Tuntaskan Dendam, Liverpool Kalahkan Tottenham Hotspur di Wembley

Para pemain Liverpool merayakan gol mereka ke gawang Tottenham Hotspur pada pekan kelima Premier League di Wembley, Sabtu (15/9/2018) malam WIB. (Foto: Twitter Liverpool)

LONDON, iNews.id – Liverpool berhasil menang 2-1 atas Tottenham Hotspur pada pekan kelima Premier League di Wembley, Sabtu (15/9/2018) malam WIB. Kemenangan tersebut sekaligus membalaskan dendam The Reds, mengingat musim lalu, di stadion yang sama, Jordan Henderson dkk kalah 1-4. 
 
Baru 44 detik pertandingan bergulir, Roberto Firmino sudah membuat Liverpool unggul lewat golnya. Sayang, torehan striker Brasil itu harus dianulir wasit Michael Oliver akibat sudah berada di dalam posisi offside
 
Tak putus asa, The Reds terus menggebrak pertahanan tuan rumah. Pada menit ke-21, skuat asuhan Juergen Klopp itu mendapat peluang emas. Memanfaatkan kesalahan pemain Tottenham, Mohamed Salah dengan cerdik mencuri bola dan melepaskan tembakan keras kaki kiri dari jarak dekat namun bisa diantisipasi kiper The Lilywhites Michel Vorm. 
 
Tujuh menit kemudian, giliran Tottenham yang balik mengancam dari situasi tendangan bebas. Ditunjuk sebagai algojo, Christian Eriksen mengirimkan si kulit bundar ke sudut kiri bawah gawang Liverpool. Belum beruntung, peluang tersebut masih bisa diamankan penjaga gawang The Reds Alisson Becker. 
 
Liverpool akhirnya bisa memecah kebuntuan. Berawal dari kemelut di mulut gawang Tottenham, bola liar mampu ditanduk Giorginio Wijnaldum dan berbuah gol. Meski bola ditepis Vorm keluar gawang sebelum mengenai jaring, namun Oliver dibantu teknologi garis gawang tetap mengesahkan torehan tersebut. Keunggulan satu gol bertahan hingga turun minum. 
 
Memasuki babak kedua, Liverpool langsung tancap gas membombardir pertahanan Tottenham. Pada menit ke-54, pasukan Klopp bisa menambah keunggulan. Berawal dari tendangan Sadio Mane yang mampu dipotong bek Tottenham Jan Vertonghen. 
 
Bola tersebut kemudian mengenai tiang gawang dan memantul ke arah Firmino. Dengan leluasa, bomber bernomor punggung 9 itu langsung menyepak si kulit bundar tanpa bisa ditangkap Vorm. 
 
Tertinggal dua gol, membuat Pelatih Tottenham Mauricio Pochettino mengubah strategi dengan menggantikan Harry Winks dengan Son Heung-min pada menit ke-73. Kehadiran pemain Korea Selatan itu membuat alur serangan The Lilywhites kian bervariasi. 
 
Hasilnya, pasukan Pochettino berhasil memperkecil kedudukan pada masa injury time lewat tendangan voli pemain pengganti Erick Lamela usai memanfaatkan operan tendangan sudut dari Eriksen. Sayang, torehan Lamela tak bisa menyelamatkan timnya dari kekalahan. 
 
Berkat kemenangan tersebut, Liverpool kian nyaman di singgasana klasemen dengan nilai 15. Sedangkan Tottenham tertahan di tangga keempat dengan poin sembilan.  
 
SUSUNAN PEMAIN 
TOTTENHAM HOTSPUR (4-1-3-2) 
Vorm; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Dier (Wanyama 83); Eriksen, Dembele (Lamela 60), Winks (Son 73); Moura, Kane 
Pelatih
: Mauricio Pochettino 
 
LIVERPOOL (4-3-3) 
Alisson; Alexander-Arnold (Matip 90), Gomez, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum, Keita (Sturridge 83), Milner; Salah, Firmino (Henderson 74), Mane 
Pelatih
: Juergen Klopp 


Editor : Abdul Haris