Sempat Tertinggal, Barcelona Sukses Taklukkan Real Sociedad

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 16 September 2018 - 00:20 WIB
Sempat Tertinggal, Barcelona Sukses Taklukkan Real Sociedad

Ousmane Dembele (kanan) beraksi saat Barcelona melumat Real Socieadad 2-1 di Anoeta, Sabtu (15/9/2018). (Foto: Twitter: Barcelona)

SAN SEBASTIAN, iNews.id – Sempat tertinggal lebih dulu, Barcelona berhasil comeback dan menang 2-1 atas Real Sociedad pada pekan keempat La Liga di Stadion Anoeta, Sabtu (15/9/2018) malam WIB. Berkat hasil positif itu, Barca kian nyaman di singgasana klasemen dengan nilai 12.  
 
Pada laga tersebut, Pelatih Barca Ernesto Valverde memainkan formasi 4-3-3 dengan mempercayakan lini serang kepada trisula Ousmane Dembele, Luis Suarez dan Lionel Messi. Namun pada lini kedua, dia tidak memainkan gelandang bertahan Sergio Busquets dan gelandang serang Philippe Coutinho. 
 
Posisi Busquets digantikan Ivan Rakitic yang dipaksa bermain sebagai jangkar. Kemudian Valverde memberikan mandat gelandang serang kepada dua pemain La Masia yakni Sergi Roberto dan Rafinha. 
 
Barca dikejutkan oleh gol tuan rumah ketika pertandingan baru bergulir 12 menit. Tembakan voli bek Aritz Elustondo sukses mengoyak gawang sang juara bertahan yang dijaga Marc Andre Ter Setegen. 
 
Tertinggal satu gol membuat Barca balik menekan. Namun solidnya lini pertahanan tuan rumah membuat Messi dkk kesulitan mencari celah untuk menembak. Keunggulan satu gol untuk Sociedad bertahan hingga turun minum. 
 
Memasuki babak kedua, Valverde memainkan Coutinho guna menambah daya gedor untuk menggantikan Nelson Semedo. Kehadiran pemain Brasil itu membuat serangan Barca lebih bervariasi. Pada menit ke-48 umpan Coutiho mampu diteruskan Rafinha dengan tendangan keras namun masih melambung di atas gawang Sociedad. 
 
Barca akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-63. Berawal dari kemelut di mulut gawang Sociedad, bola liar berhasil diteruskan Suarez dengan sepakan keras yang sukses mengoyak gawang Sociedad. 
 
Torehan Suarez memantik Barca untuk bermain lebih menekan. Hasilnya enam menit kemudian, Dembele berhasil membalikkan keadaan lewat golnya. Mendapat ruang, pemain Prancis itu melepaskan sepakan keras dari jarak dekat tang tidak bisa dihalau kiper Sociedad Geronimo Rulli.  
 
SUSUNAN PEMAIN 
REAL SOCIEDAD (4-1-3-2) 
Rulli; Zaldua, Elustondo, Moreno, Theo; Elorza; Illaramendi (Merino 82), Zurutuza (Bautista 73), Pardo (Fuentes 83); Oyarzabal, Juanmi 
Pelatih: Aiser Garitano 
 
BARCELONA (4-3-3) 
Ter Stegen; Semedo (Coutinho 46), Pique, Umtiti, Alba; Roberto, Rakitic, Rafinha (Busquets 57); Messi, Suarez, Dembele (Vidal 77) 
Pelatih: Ernesto Valverde


Editor : Abdul Haris