Liga Belanda

Ajax Kalahkan Groningen 3-0, Ten Hag: Kami Harus Lebih Mendominasi

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 16 September 2018 - 06:12 WIB
Ajax Kalahkan Groningen 3-0, Ten Hag: Kami Harus Lebih Mendominasi

Para pemain Ajax Amsterdam merayakan gol Klaas-Jan Huntelaar (tengah) ketika timnya menang atas Groningen 3-0 di Johan Cruijff Arena, Minggu (16/9/2018) dini hari WIB. (Foto: De Telegraaf)

AMSTERDAM, iNews.id - Ajax Amsterdam membukukan kemenangan 3-0 atas Groningen di Johan Cruijff Arena, Minggu (16/9/2018) dini hari WIB, pada pekan kelima Eredivisie. Namun, di laga yang disiarkan langsung iNews itu, Pelatih Ajax Erik ten Hag merasa seharusnya mereka bisa lebih mendominasi laga.

Ajax bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Mereka pun unggul di menit ke-18 lewat eksekusi penalti Klaas-Jan Huntelaar di menit ke-18. Penalti tersebut diberikan wasit setelah Bek Ajax Nicolas Tagliafico dijatuhkan Deyovaisio Zeiss di kotak terlarang.

Gol penalti itu menjadi yang ke-250 sepanjang karier Huntelaar, dengan 127 di antaranya dicetak di Eredivisie. Usai kebobolan, para pemain Groningen lebih ketat dalam bertahan, sehingga tak ada tambahangol hingga babak pertama usai.

Tetapi di babak kedua, Ajax bermain dengan intensitas lebih tinggi. Akhirnya Huntelaar mencetak gol keduanya pada menit ke-66 lewat sebuah tembakan voli yang tak mampu dihentikan Kiper Groningen Sergio Padt.

Gol De Godenzonen akhirnya ditutup lewat torehan Dusan Tadic di menit ke-76. Ten Hag pun mengaku puas atas hasil ini, tetapi dia merasa timnya masih bisa tampil lebih baik lagi.

“Kami ingin menyingkirkan semua ancaman dan merasakan perasaan terbaik setelah periode internasional dan kami berhasil melakukannya,” ujar mantan pembesut Utrecht itu kepada Fox Sports.

“Kami berhasil mencetak gol tiga kali dan menjaga gawang dari kebobolan. Namun kami masih harus bermain mendominasi dan mencetak lebih banyak gol,” tutur Ten Hag.

Pelatih berusia 48 tahun itu pun menambahkan, kemenangan ini menjadi modal bagus bagi mereka jelang pertandingan Liga Champions melawan AEK di tempat yang sama, Rabu (19/9/2018).

Sayang, hasil apik ini belum mampu membuat Ajax merebut posisi pertama klasemen sementara Eredivisie dari PSV dan tetap berada di posisi kedua dengan poin 13. Sementara itu, Groningen kian terbenam di zona degradasi karena berada di posisi ke-17 dengan torehan 13 poin.

SUSUNAN PEMAIN
AJAX (4-3-3)

Onana; Mazraoui, De Ligt, Blind, Tagliafico; Schone (Eiting 77), Neres, De Jong; Ziyech (Labyad 87), Huntelaar, Tadic (Van de Beek 79)
Pelatih: Erik ten Hag

GRONINGEN (5-4-1)
Padt; Zeefuik, te Wierik, Chabot (Breij 80), Memisevic, Handwerker; Doan, Reis (Van de Looi 80), Hrustic, Warmerdam; Mahi (Cassierra 67)
Pelatih: Danny Buijs


Editor : Haryo Jati Waseso