Pelari Kenya Pecahkan Rekor Dunia Maraton, 2 Jam 1 Menit 39 Detik

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 16 September 2018 - 18:43 WIB
Pelari Kenya Pecahkan Rekor Dunia Maraton, 2 Jam 1 Menit 39 Detik

Pelari maraton asal Kenya Eliud Kipchoge mencetak rekor dunia di ajang Berlin Marathon, Minggu (16/9/2018). (Foto: Evening Standard)

BERLIN, iNews.id - Pelari maraton asal Kenya Eliud Kipchoge mencetak rekor dunia di ajang Berlin Marathon, Minggu (16/9/2018). Dia melahap jarak sepanjang 42,195 kilometer dalam waktu 2 jam 1 menit 39 detik.

Keberhasilan Kipchoge tersebut memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang atlet Kenya lain Dennis Kimetto pada 2014. Saat itu Kimetto menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 2 menit 57 detik. Tak heran, Kipchoge sangat bahagia atas keberhasilannya tersebut.

"Saya kehilangan kata-kata untuk menggambarkan kemenangan tersebut. Saya sangat bersyukur dan bahagia dapat memecahkan rekor dunia," kata Kipchoge kepada ESPN.

Sesungguhnya waktu yang dicatat oleh atlet berusia 33 tahun itu bukan yang terbaik pada ajang tersebut. Dia diketahui sanggup menyentuh garis finis dalam waktu 2 jam 0,25 detik pada Berliin Marathon 2017.

Namun, saat itu Kipchoge menggunakan jasa pacemaker untuk mempercepat larinya. Alhasil rekor yang dibukukannya saat itu tidak dianggap.

Kipchoge juga dikenal sebagai salah satu pelari maraton terbaik di dunia. Pada tahun ini dia juga menggondol gelar juara di London Marathon.

Selain Kipchoge, urutan kedua dan ketiga Berlin Marthon juga direbut pelari Kenya, yakni Amos Kipruto dengan waktu 2 jam 6 menit 23 detik, serta Wilson Kipsong yang terpaut 25 detik di belakang Kipruto.

Keberhasilan Kipchoge juga diikuti kompatriotnya Gladys Cherono yang memecahkan rekor di nomor putri. Dia mencatatkan waktu 2 jam 18 menit 11 detik untuk menjadi wanita tercepat yang pernah berlari di ajang Berlin Marathon.


Editor : Achmad Syukron Fadillah