Liga Italia

Milan Imbang Kontra Cagliari, Gattuso: Start yang Memalukan

Abdul Haris ยท Senin, 17 September 2018 - 06:35 WIB
Milan Imbang Kontra Cagliari, Gattuso: Start yang Memalukan

Striker Gonzalo Higuain (kedua kiri) merayakan gol AC Milan ke gawang Cagliari pada Serie A di Sardegna Arena, Senin (17/9/2018) dini hari WIB. (Foto: acmilan.com)

CAGLIARI, iNews.id – Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso murka melihat performa timnya saat ditahan 1-1 oleh tuan rumah Cagliari pada giornata keempat Serie A, Senin (17/9/2018) dini hari WIB.

Bahkan, sang arsitek menilai, jika main dengan gaya seperti itu, ambisi mereka finis di peringkat 2 adalah suatu yang menggelikan.

Ya, main di Sardegna Arena, gawang Milan sudah kebobolan pada menit keempat melalui Joao Pedro. Beruntung masih ada Gonzalo Higuain yang menyelamatkan I Rossoneri dari kekalahan dengan golnya pada menit ke-55 setelah meneruskan assist Franck Kessie.

“Memulai permainan seperti yang kami lakukan pada 20 menit pertama itu memalukan. Jika Anda kalah 0-2 dalam pertandingan itu, Anda tidak akan pulih dari itu. Kami harus menyelesaikan masalah ini, karena sikap kami di 20 menit pertama sangat buruk,” ujar Gattuso kepada Sky Sport Italia.

“Kami keluar bertempur di babak kedua, tetapi itu tidak cukup. Cagliari pantas unggul 2-0 saat istirahat dan kami akan berhadapan dengan pertandingan yang benar-benar berbeda,” tuturnya.

Ini jelas pekerjaan rumah yang berat buat Gattuso. Bermodal banyak pemain muda, dia dituntut untuk mampu mengeluarkan seluruh kemampuan para pemainnya.

“Saat ini saya dan mereka yang mewakili klub harus memastikan para pemain muda ini menyadari betapa bagusnya mereka, karena banyak dari mereka belum mendapatkannya. Kami tahu itu akan sulit di Sardinia, tetapi kami tidak bisa marah pada peluit akhir karena kami ingin memenangkannya. Kami seharusnya sudah memikirkan itu sebelumnya,” ucap Gattuso.

Pujian pun dilayangkan Gattuso kepada Higuain, sang penyelamat timnya. Itu gol pertama striker Argentina itu dengan kostum Milan. Namun, dia melihat kontribusi sang bomber bakal lebih maksimal jika lini tengah lebih banyak memberi suplay bola kepadanya.

“Higuain kembali begitu dalam dan di setengah jam pertama saya tidak melihat satu serangan ke depan dari lini tengah. Kami harus mendorong dan mencoba lebih banyak melalui bola, bukan hanya dengan Lucas Biglia,” kata Gattuso.

Sampai giornata keempat, hanya Juventus yang melahap 100 persen kemenangan. Sementara Inter Milan, AS Roma dan Napoli cukup gagap memulai kompetisi dengan masing-masing sudah mengalami kekalahan.

Kondisi ini membuat Milan sebenarnya punya kans untung bersaing di papan atas. Namun, Gattuso tak tertarik menjawab pertanyaan tersebut karena belum yakin dengan performa timnya.

“Itu (menargetkan papan atas) menggelikan. Ada jalan panjang di depan kami dan kami tidak dapat memenangkan permainan sejenis ini (kontra Cagliari). Sebenarnya kami beruntung mendapatkan satu poin, maka itu saya tertawa mendengar orang mengatakan kami menargetkan posisi kedua Serie A,” ujarnya.  

“Jika kami berhasil meningkatkan aspek-aspek tertentu, maka kami bisa pergi jauh. Tim ini memiliki gairah dan kesabaran, tetapi membutuhkan pukulan untuk melejit. Kami harus membaca permainan dengan lebih baik dan memiliki sikap yang benar,” katanya.


Editor : Abdul Haris