Suporter Persija Dikeroyok, Anies: Kami Minta Jakmania Tetap Tenang

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 23 September 2018 - 23:31 WIB
Suporter Persija Dikeroyok, Anies: Kami Minta Jakmania Tetap Tenang

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir)

JAKARTA, iNews.id - Tewasnya suporter Persija Haringga Sirala yang dikeroyok oknum pendukung Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Minggu (23/9/2018), ditanggapi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies meminta The Jakmania tetap tenang atas tragedi ini.

Lewat akun resmi Instagram miliknya, Anies mengungkapkan rasa duka cita atas kematian Haringga. Dia pun mengimbau kepada seluruh The Jakmania agar tak main hakim sendiri dan menyerahkan semuanya ke tangan hukum.

“Saudara-saudara semua, kita memang berduka, kita marah, tapi mari kita tunjukkan bahwa kita beradab, kita menunjunjung tinggi hukum. Kita dukung penyelidikan penuh dan penindakan tegas di jalur hukum. Untuk itu, kami minta seluruh Jakmania tetap tenang. Kita tunjukkan kita adalah pendukung yang bermartabat,” tulisnya di media sosial tersebut.

“Kita percayakan penyelesaian oleh aparat penegak hukum dan pengadilan terhadap pelaku untuk memnpertanggungjawabkan tindakannya di muka hukum,” postingnya. Anies mengungkapkan dirinya sudah berkoordinasi dengan manajemen Persija untuk kepulangan Jenazah.

Haringga tewas dikeroyok sejumlah oknum bobotoh di area parkiran Gerbang Biru GBLA, sebelum laga yang mempertemukan Persib dengan Persija. Menurut sejumlah saksi, pada pukul 13.00 WIB Haringga terlihat tengah dikejar sejumlah orang.

Mereka berteriak bahwa dia adalah pendukung Persija. Pria 23 tahun itu sempat meminta perlindungan tukang bakso, namun para pengeroyok berhasil menangkapnya dan kemudian memukuli dengan balok kayu, piring dan botol.

Haringga pun tewas ditempat setelah menjadi bulan-bulanan. Insiden itu membuat 6 orang yang diduga tersangka diamankan oleh polisi, serta satu orang saksi kunci. Jenazah Haringga kini dibawa ke Rumah Sakit Sari Asih untuk dilakukan otopsi.


Editor : Haryo Jati Waseso