Piala Asia U-16 2018

Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam U-16: Familiar dengan Gaya Lawan

Haryo Jati Waseso ยท Senin, 24 September 2018 - 11:33 WIB
Timnas Indonesia U-16 Vs Vietnam U-16: Familiar dengan Gaya Lawan

Tim nasional Indonesia U-16. (Foto: Antara)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

KUALA LUMPUR, iNews.id - Tim nasional Indonesia U-16 akan melakoni pertandingan keduanya di Grup C Piala Asia U-16 2018, menghadapi Vietnam di Stadion National Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (24/9/2018) dan disiarkan langsung MNCTV pukul 19.30 WIB.

Pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini mengakui dirinya tak asing dengan gaya permainan Vietnam. Tim Garuda Muda memang sudah beberapa kali bertemu sang lawan di sejumlah turnamen sebelum kejuaraan ini.

Terakhir kali keduanya bersua di fase grup Piala AFF 2018, Agustus lalu. Ketika itu timnas U-16 menang dengan skor 4-2, sekaligus berandil dalam kegagalan Vietnam lolos ke semifinal turnamen itu.

“Vietnam yang saat ini, dari sisi pemain hanya ada sedikit perubahan yang saya ketahui. Tapi gaya main dan formasinya sama dengan Vietnam yang kami hadapi di Tien Phong, Jenesys dan AFF,” ujarnya di laman resmi PSSI.

“Kami sudah tahu sama tahu, jadi anggap seperti latihan bersama saja. Tapi tetap, kami tidak ingin meremehkan lawan. Kami akan tetap berjuang dan berharap dukungan kembali dari masyarakat Indonesia,” tutur Fakhri.

Kondisi fisik pemain saat ini menjadi salah satu fokus mantan pelatih Bontang FC tersebut. Saat ini dua pemain andalannya Mochammad Supriyadi dan Brilyam Aldama tengah menjadi pantauan karena cedera.

Keduanya masih diragukan untuk tampil di pertandingan ini. Namun hal itu tak lantas membuat Fakhri bingung. Menurutnya, dia sudah menyiapkan alternatif seandainya dua sosok vital di timnas U-16 itu tak bisa dimainkan.

“Saya punya 23 pemain dan saya yakin sebagian besar mereka juga bisa bermain di lebih dari satu posisi,” ucapnya. Kiper timnas U-16 Ernando Ari Sutaryadi mengungkapkan permainan umpan silang Vietnam akan menjadi momok di laga itu.

“Serangan mereka lebih banyak dari sayap jadi saya harus mewaspadai umpan silang mereka. Kami sudah melihat cara mereka bermain di Piala AFF lalu,” ujar pemain PPLP Jawa Tengah itu.

Timnas U-16 saat ini masih menduduki puncak klasemen sementara Grup C setelah secara mengejutkan menang 2-0 atas tim kuat Iran. Sedangkan, Vietnam berada di peringkat ketiga setelah kalah 0-1 dari India.

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS INDONESIA U-16 (4-3-3)
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Komang Teguh Krisnanda, Fadilah Nur Rahman, Yudha Febrian; Brylian Aldama, David Maulana, Andre Oktaviansyah; Amanar Abdilah, M. Supriadi, Bagus Kahfi
Pelatih: Fakhri Husaini

VIETNAM U-16 (4-4-2)
Nguyen Duy Dung; Giap Tuan Duong, Vu Tien Long, Dang Tuan Phong, Trinh Quang Truong; Ngo Duc Hoang, Nguyen The Hung, Khuat Van Khang, Dinh Thanh Trung; Dau Ngoc Thanh, Ha Trung Hau
Pelatih: Vu Hong Viet


Editor : Haryo Jati Waseso