Juara Premier League, Ini 5 Pemain Kunci Manchester City

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 16 April 2018 - 19:23 WIB
Juara Premier League, Ini 5 Pemain Kunci Manchester City

Manchester City sukses jadi juara Premier League musim ini. (Foto: Daily Mail)

MANCHESTER, iNews – Manchester City resmi dinobatkan sebagai juara Premier League 2017/2018. Gelar itu didapat lebih cepat akibat pesaing terdekat City yakni Manchester United (MU) takluk 0-1 dari West Bromwich Albion di Old Trafford, Minggu (15/4/2018) malam.

Dengan kekalahan itu, MU kini tertahan di peringkat 2 klasemen dengan nilai 71. Dengan lima laga tersisa, poin maksimal yang bisa diraih The Red Devils hingga akhir musim hanya 86. Secara matematis, skuat arahan Jose Mourinho sudah tak mungkin lagi untuk mengejar perolehan City di singgasana klasemen yang kini sudah mengemas 87 poin.

Tak hanya karena hasil minor yang didapat MU, performa apik para penggawa City juga menjadi salah satu faktor keberhasilan mereka merengkuh trofi paling bergengsi di Negeri Ratu Elizabeth itu. Bila menilik secara objektif, para pecinta sepak bola tentunya setuju kalau kualitas pemain The Citizens musim ini begitu luar biasa.

Dari 33 laga yang sudah dilakoni sejauh ini, Vincent Kompany dkk bisa merengkuh 28 kemenangan, tiga imbang, dan hanya kalah dua kali. Bahkan di awal musim, The Citizens sempat merasakan 22 laga tak terkalahkan sebelum akhirnya kalah 3-4 dari Liverpool, 14 Januari lalu.

Lalu siapakah pemain yang paling berjasa mempersembahkan gelar Premier League kelima bagi City? Berikut ulasannya dikutip Marca.


Kevin de Bruyne

Pemain berpaspor Belgia itu dipasang Pelatih City Pep Guardiola sebagai gelandang yang bermain agak ke dalam musim ini. Tetapi posisi itu menjadikannya pemain yang sangat berbahaya. Dia merupakan pemain tengah kreatif yang kerap membantu City memulai serangan.

De Bruyne juga digadang-gadang bisa merengkuh gelar pemain Premier League terbaik akhir musim ini. Bermain dengan tiki taka khas Pep Guardiola, De Bruyne sejauh ini sudah mencetak tujuh gol dan menciptakan 15 assist di Premier League.


Raheem Sterling

Sterling meninggalkan Liverpool dan berlabuh ke City sejak 2015 untuk membidik gelar Premier League. Pada musim perdananya, dia gagal mewujudkan itu dan tampil kurang maksimal dengan hanya menorehkan tujuh gol dari 33 laga.

Namun di musim kedua, mimpinya terwujud. Dia menjadi pilihan utama Guardiola di lini serang. Meski terlihat masih memperbaiki sentuhan akhirnya, Sterling kini sudah mengemas 17 gol dan 11 assist di liga.


David Silva

Periode 2017/2018 bisa dibilang salah satu musim paling produktif untuk gelandang veteran itu. Di usianya yang kini 32 tahun, Silva tetap bisa tampil agresif di lini kedua The Citizens dan kerap merepotkan barisan pertahanan lawan.

Kini dia sudah mengemas sembilan gol dan 11 assist. Mantan pemain Valencia itu hanya pernah sekali membukukan gol lebih banyak ketimbang musim ini yakni pada 2014/2015 dengan 12 gol.


Nicolas Otamendi

Defender asal Argentina itu tak tampil menawan pada kampanye perdana berseragam City musim lalu. Otamendi tampil dalam 30 pertandingan musim lalu. Namun The Citizens justru kebobolan 39 gol dan finis di posisi ketiga kalsemen akhir. Gawang mereka lebih sering kebolan dibandingkan dua tim pesaing di atasnya yakni Tottenham Hotspur (26) dan Chelsea (33).

Berbanding terbalik dengan musim ini. Bermain pada 32 dari 33 laga yang sudah dilakoni City sejauh ini, Otamendi berhasil menjaga area pertahanan City sehingga mereka baru kebobolan 25 gol. Jumlah kemasukan tersebut merupakan yang paling sedikit dibandingkan tim mana pun.


Sergio Aguero

Musim ini, dia memang harus bergantian dengan Gabriel Jesus untuk mengisi lini tempur City. Tapi Aguero tetap menjadi sosok penting untuk keberhasilan City. Pesona mantan bomber Atletico Madrid itu masih begitu menawan.

Sejauh ini, striker bernomor punggung 10 itu sudah mencetak 21 gol dan enam assist dari 25 laga yang sudah dilakoni. Hingga saat ini, Aguero masih menjadi top skor klub sementara. Capaian terbaiknya untuk City yakni pada edisi 2014/2015 saat bisa mencetak 26 gol dalam semusim.


Editor : Abdul Haris