Diadakan Lagi setelah 10 Tahun Vakum, Kejurnas IOF Diikuti 20 Pengda

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 13 Oktober 2018 - 18:42 WIB
Diadakan Lagi setelah 10 Tahun Vakum, Kejurnas IOF Diikuti 20 Pengda

Kejuaraan Offroad. (Foto: Istimewa)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

BOGOR, iNews.id - Kejuaraan nasional (kejurnas) Indonesia Offroad Federation (IOF) akhirnya kembali diadakan setelah 10 tahun vakum. Pada ajang kali ini, kejurnas akan diikuti oleh 20 pengurus daerah (pengda) dari 34 provinsi.

Kejurnas IOF 2018 akan memperebutkan trofi bergilir yang sudah lama berada di tangan pengda IOF Kalimantan Selatan. Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Bogor Kol. Inf. Untung Purwadi mengungkapkan selain untuk adu kecepatan dan ketangkasan, ajang ini juga bagian dari bela negara.

“Ada seperangkat aturan yang harus dipatuhi semua pecinta offroad. Bersahabat dengan alam, menjalin persatuan, dan bergotong-royong menghadapi rintangan hingga mencapai finish. Itulah nilai-nilai bela negara offroader,” ujarnya, Jumat (12/10/2018).

Kejurnas IOF 2018 akan dilaksanakan di Sirkuit Alam AA87C Sentul, Bogor, Jawa Barat dari tanggal 12 hingga 15 Oktober 2018 mendatang. Untung pun mengharapkan ajang itu bisa menghasilkan pemenang-pemenang sejati.

“Pemenang yang cinta tanah air serta memberikan kontribusi yang positif terhadap alam dan sesama,” tuturnya. Sementara itu, Ketua Pelaksana Kejurnas IOF 2018 Anton Yurianto mengatakan, kejurnas tidak diadakan selama 10 tahun ini karena ada beberapa faktor penghambat.

“Seperti penentuan lokasi yang memang sulit. Dan ini berkat bantuan Ketua Pengcab Bogor, kejurnas IOF bisa digelar kembali pada tahun 2018 ini,” katanya. Anton menambahkan karena vakum cukup lama animo peserta sangat tinggi.

“Untuk kejurnas dan kejuaraan umum terbuka, mencapai 134 peserta,” ucapnya. Pada kejurnas IOF 2018, Ketua Pengurus Pusat IOF Askar Kartiwa mengatakan organisasinya mempunyai 12 ribu angota.

“Walaupun vakum dalam kejurnas, tetapi masih mengadakan lomba-lomba di daerah hampir setiap minggu. Dalam satu tahun itu lebih dari 52 event," katanya.

Askar berpesan kepada seluruh peserta agar selalu menjaga lingkungan yang ada di sekitar lapangan. “Untuk keamanan jangan offroad sendiri-sendiri. Minimal kalau ingin offroad ajak 3 orang. Karena ini adalah untuk safety," katanya.


Editor : Haryo Jati Waseso