Formula 1

Dipersiapkan Jadi Pengganti Hamilton, Williams Rekrut Binaan Mercedes

Haryo Jati Waseso ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 23:30 WIB
Dipersiapkan Jadi Pengganti Hamilton, Williams Rekrut Binaan Mercedes

Pembalap Williams Mercedes untuk 2019 George Russell. (Foto: The Times)

GROVE, iNews.id - Tim Formula One (F1) Williams Racing resmi menggunakan jasa pembalap didikan Mercedes-AMG George Russell pada 2019 mendatang, Jumat (12/10/2018). Russel diperkirakan sebagai pengganti Lewis Hamilton di masa mendatang.

Sama seperti Hamilton, Russell akan memulai kariernya di F1 pada usia awal 20-an dan keduanya juga melakoni debut bersama tim bermesin Mercedes. Jika Hamilton mengawali perjalanannya bersama McLaren-Mercedes ketika berumur 22 tahun, Russel bakal menjalani debut dengan Williams-Mercedes di usia 21.

Pembalap asal Inggris itu dititipkan oleh Mercedes di Williams, dengan harapan Russel siap menggantikan posisi Hamilton yang sudah berusia 33 tahun. Russell sudah menjadi bagian dari program pembinaan Mercedes sejak 2016 silam.  Sejak itu, perjalanan karier balapnya meningkat pesat dengan memenangkan kejuaraan GP3 2017 lalu.

Saat ini, Russell diambang gelar juara F2 2018 bersama tim ART. Dia memimpin klasemen sementara dengan 248 poin, unggul 37 angka dari Alex Albon yang menempati posisi kedua. Dengan 40 poin maksimal dari dua balapan tersisa, sulit untuk menggeser Russell dari puncak klasemen.

“Saya ingin berterima kasih kepada Claire (Willams, Prinsipal tim Williams) atas kepercayaannya. Selain itu, saya ada di sini berkat Toto (Wolff) dan tim Mercedes yang selalu memberi dukungannya selama balapan di GP3 dan F2,” kata Russel di laman resmi Williams.

Dengan kedatangan Russell, kini Williams memiliki satu kursi kosong untuk 2019. Sergey Sirotkin diperkirakan bakal dipertahankan, tetapi Esteban Ocon, Robert Kubica dan Artem Markelov juga menjadi bahan pertimbangan.


Editor : Haryo Jati Waseso