El Hadji Diouf Berniat Terjun ke Dunia Politik

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 08 Februari 2018 - 12:17:00 WIB
El Hadji Diouf Berniat Terjun ke Dunia Politik
El Hadji Diouf (kanan). (Foto: AFP)

DAKAR, iNews.id - Kesuksesan George Weah menjadi Presiden Liberia, ternyata menginsipirasi banyak pesepakbola yang ingin mengikuti jejaknya, dan El Hadji Diouf salah satunya. Mantan pemain Liverpool tersebut bertekad untuk memulai karir politiknya.

Diouf merupakan pahlawan tim nasional (timnas) Senegal, saat menjadi tim kejutan dengan melaju hingga perempat final Piala Dunia 2014. Namun, kini dia ingin mencoba meneruskan peruntungannya di dunia politik.

Pria berusia 37 tahun tersebut saat ini merupakan penasihat khusus Presiden Senagal Macky Sall, untuk urusan olahraga. Dia pun mengaku terinspirasi kesuksesan Weah, yang notabene mantan bintang AC Milan, setelah terpilih menjadi Presiden Liberia akhir tahun baru.

“Saya melihat kepada diri  sendiri dan keluarga. Selama sekian tahun, yang selalu dipikirkan hanya sepak bola, namun kini saya memiliki pekerjaan baru, yaitu karir politik,” tutur pria yang mengawali karir sepak bolanya Sochaux itu dilansir Liverpool Echo.

Diouf memiliki cita-cita luhur untuk memperbaiki kondisi negaranya agar lebih baik lagi. Diouf pun menegaskan, sepak bola menjadi salah satu target perbaikan yang akan dilakukannya ketika menjadi politisi.

“Saya sudah memutuskan untuk menjadi politisi, karena banyak orang yang menunggu saya untuk mengubah negara. Saya siap melakukannya sebagai seorang pejuang dari para pemuda,” ujar Diouf menambahkan.

“Masa depan saya sudah terencana. Pada dua tahun ke depan, saya akan bergabung dengan politik, karena saya sadar itu adalah titik untuk mengubah sepak bola. Saya memiliki hasrat besar untuk politik, dan ada beberapa orang di Senegal yang membimbing saya. Itu merupakan masa depan, karena banyak orang di Senegal mendengarkan saya,” jelasnya.

Semasa bermain, Diuof dikenal sebagai pemain pekerja keras. Dia memiliki kecepatan, dan tak kenal takut dalam menusuk ke jantung pertahanan lawan, serta kerap mencetak gol.

Diouf mengawali karir sepak bolanya di Prancis bersama Sochaux, Rennes dan Lens. Setelah itu, dia berpetualang ke Inggris dan memperkuat Liverpool, Bolton Wanderers, Sunderland, Blackburn Rovers, Doncaster Rovers dan Leeds United.

Klub terakhir yang dibelanya adalah klub Malaysia Sabah FA, dan kemudian memutuskan penisun di tahun 2016. Sepanjang karirnya, Diouf telah mengumpulkan 70 gol dari 486 penampilan di semua ajang pada level klub.

Editor : Haryo Jati Waseso