Hasil UEFA Nations League: Belanda Taklukkan Jerman 3-0

Abdul Haris ยท Minggu, 14 Oktober 2018 - 03:37 WIB
Hasil UEFA Nations League: Belanda Taklukkan Jerman 3-0

Defender Virgil van Dijk membuka pesta 3-0 Belanda atas Jerman pada UEFA Nations League di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu (14/10/2018) dini hari WIB. (Foto: uefa.com)

AMSTERDAM, iNews.id – Tim nasional Belanda secara mengejutkan mampu menaklukkan Jerman 3-0 pada laga Grup 1 Liga A UEFA Nations League di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Minggu (14/10/2018) dini hari WIB.

Main di depan publik sendiri, Belanda justru lebih banyak tertekan. Tim tamu Jerman lebih menguasai jalannya permainan. Der Panzer mampu meraih 58 persen penguasaan bola.

Tim yang empat kali juara dunia itu juga lebih banyak mengirim ancaman dengan melepas total 21 kali tembakan. Sementara De Oranje hanya 14 tembakan. Namun, akurasinya justru lebih baik Belanda sebanyak lima tembakan yang tepat sasaran, dan Jerman hanya empat.

Belanda juga lebih tokcer dalam memanfaatkan peluang. Negeri Kincir Angin itu mampu membuka keunggulan pada menit ke-30.

Bermula dari tendangan pojok Memphis Depay yang disambar Ryan Babel dengan tandukannya. Namun, bola sundulan Babel masih membentur mistar gawang Jerman.

Kondisi ini tak disia-siakan Van Dijk yang langsung menyambut bola pantulan tersebut dengan sundulannya yang tak bisa dibendung kiper Jerman Manuel Neuer.

Merespons gol tersebut, Jerman bermain lebih agresif. Bahkan, untuk menambah daya dobrak timnya, Pelatih Jerman Joachim Loew memasukkan Leroy Sane menggantikan Thomas Mueller.

Kemudian, Emre Can diganti Julian Draxler, dan Julian Brandt mengisi pos yang ditinggalkan Marc Uth. Namun, perubahan itu tak mampu membuat gawang Belanda jebol. Justru Belanda yang mampu menambah dua gol.

Gol kedua tuan rumah lahir melalui Memphis Depay yang sukses memaksimalkan umpan Quincy Promes pada menit ke-86. Pesta De Oranje ditutup gol Giorginio Wijnaldum yang meneruskan assist Daley Blind pada menit ke-90+3.

Ini kemenangan pertama Belanda dalam enam pertemuan terakhir kontra Der Panzer. Dalam lima pertandingan sebelumnya, De Oranje mengalami tiga kali seri, dan dua kali imbang.

Hasil ini juga menjadi kemenangan pertama Belanda di UEFA Nations League setelah di pertemuan sebelumnya kandas 1-2 di markas Prancis, bulan lalu. Sebaliknya, buat Jerman ini kekalahan pertama setelah sebelumnya ditahan Prancis 0-0.

Dengan hasil ini, Belanda naik ke peringkat 2 klasemen sementara Grup 1 dengan poin 3. Sementara Jerman turun di urutan ketiga dengan nilai 1. Posisi puncak ditempati Prancis dengan nilai 4.

SUSUNAN PEMAIN
BELANDA (4-3-3)
Cillesen; Dumfries, De Ligt, Van Dijk, Blind; De Roon, F. De Jong (Ake 77), Wijnaldum; Bergwijn (Promes 68), Depay, Babel (Groeneveld 68)
Pelatih: Ronald Koeman

JERMAN (4-3-3)
Neuer; Ginter, Boateng, Hummels, Hector; Can (Draxler 57), Kimmich, Kroos; Mueller (Sane 57), Uth (Brandt 68), Werner
Pelatih: Joachim Loew


Editor : Abdul Haris