UEFA Nations League

Kroasia Vs Inggris: Pertandingan Besar Tanpa Penonton

Abdul Haris ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 08:55 WIB
Kroasia Vs Inggris: Pertandingan Besar Tanpa Penonton

Para pemain timnas Inggris melakukan pemanasan di St George's Park, Burton-on-Trent, jelang meladeni Kroasia pada Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion NHK, Rijeka, Sabtu (13/10/2018) dini hari WIB. (Foto: AFP)

RIJEKA, iNews.id – Tim nasional Kroasia akan menjamu Inggris pada Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion NHK, Rijeka, Sabtu (13/10/2018) dini hari WIB. Sayang, pertandingan yang mempertemukan dua tim rakasasa Eropa itu akan digelar tanpa penonton. 
 
Laga tanpa penonton tersebut merupakan hukuman dari Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) terhadap Kroasia. Sebab sebelumnya, saat melakoni laga kontra Italia pada kualifikasi Eropa, Juni 2015 di Split, lambang swastika Nazi muncul di rumput stadion. 
 
Insiden tersebut membuat UEFA akhirnya menghukum Kroasia berlaga tanpa penonton sebanyak dua pertandingan. Sebelum lawan Inggris, tim berjuluk Vatreni itu juga bermain di stadion yang sepi saat menjamu Bulgaria pada Oktober 2015. 
 
Pada laga melawan Inggris nanti, stadion NHK hanya akan diisi 500 tamu undangan VIP, media yang sudah terakreditasi, pihak keamanan serta ofisial tim yang maksimal berjumlah 75 orang. 
 
Bagi kapten Kroasia Luka Modric, kondisi tersebut tentu sangat tidak menguntungkan. Terlebih, saat ini timnya tengah dituntut mencari poin penuh. Sebab pada laga pertama fase Grup 4 melawan Spanyol, Modric dkk kalah telak 0-6. Akibatnya, mereka kini terdampar di dasar klasemen tanpa nilai. 
 
“Saya rasa sangat aneh bermain tanpa disaksikan sejumlah suporter. Di saat kami butuh dukungan, mereka justru tidak diperbolehkan masuk ke stadion. Sangat sulit bagi kami bermain di stadion kosong. Tapi kami akan cepat beradaptasi. Tidak ada alasan bagi kami untuk kalah di rumah sendiri,” kata Modric dikutip ESPN
 
Selain tidak bisa didukung fans, Kroasia juga tidak akan diperkuat dua pilar yakni Marcelo Brozovic dan Sime Vrsaljko. Kedua pemain itu saat ini masih menjalani perawatan akibat cedera. 
 
Keanehan Modric juga dirasakan Pelatih Inggris Gareth Southgate. Dia mengaku tak terbiasa bertanding tanpa dihadiri penonton. Namun, dia tak memungkiri kalau tanpa adanya suporter dari tuan rumah, akan memberikan sedikit keuntungan untuk Tiga Singa
 
“Selama bertahun-tahun pendukung Inggris selalu menyaksikan kami. Tapi kali ini mereka tidak bisa hadir ke stadion dan itu sangat disayangkan. Karena dukungan mereka sangat kami butuhkan,” tutur Southgate.

“Tapi di satu sisi, Kroasia juga akan tanpa penonton seperti kami. Apakah itu keuntungan bagi kami? Ya, mungkin saja,” ucapnya. 
 
Laga nanti juga dijadikan panggung balas dendam bagi Inggris. Sebab pada pertemuan terakhir kedua tim di semifinal Piala Dunia 2018, Tiga Singa takluk 1-2 dan gagal menginjakkan kaki di partai pamungkas. 
 
PERKIRAAN PEMAIN 
KROASIA (4-5-1)
 
Livakovic; Jedvaj, Lovren, Vida, Pivaric; Rebic, Modric, Kovacic, Rakitic, Perisic; Kramaric 
Pelatih: Zlatko Dalic
 
INGGRIS (3-5-2) 
Pickford; Gomez, Stones, Maguire; Trippier, Winks, Henderson, Barkley, Chilwell; Kane, Sterling
Pelatih: Gareth Southgate

LIMA PERTEMUAN TERAKHIR

12/07/2018

Piala Dunia

Kroasia vs Inggris

2-1

10/09/2009

Kualifikasi Piala Dunia

Inggris vs Kroasia

5-1

11/09/2008

Kualifikasi Piala Dunia

Kroasia vs Inggris

1-4

22/11/2007

Kualifikasi Piala Eropa

Inggris vs Kroasia

2-3

12/10/2006

Kualifikasi Piala Eropa

Kroasia vs Inggris

2-0

 
Prediksi: 45-55


Editor : Abdul Haris