Piala Dunia 2018

5 Gol Bunuh Diri di Piala Dunia 2018, Nomor 1 Dicetak Striker

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 21 Juni 2018 - 17:05 WIB
5 Gol Bunuh Diri di Piala Dunia 2018, Nomor 1 Dicetak Striker

Penyerang timnas Maroko Aziz Bouhaddouz saat mencetak gol ke gawangnya kala berhadapan dengan Iran, Jumat (15/6/2018) malam di Saint Peterseburg. (Foto: Sputniknews)

YEKATERINBURG, iNews.id – Laga Piala Dunia 2018 di Rusia diwarnai gol-gol bunuh diri. Hingga Kamis (21/6/2018) tercatat ada lima own goal yang tercipta dari 5 kontestan berbeda yakni tim nasional Maroko, Australia, Nigeria, Polandia dan Mesir.

Gol bunuh diri selalu identik dengan seorang pemain belakang. Namun uniknya, di kejuaraan sepak bola empat tahunan kali ini capaian tersebut juga dilakukan seorang gelandang bahkan pemain depan.

Dari catatan gol bunuh diri tersebut, fakta-fakta menarik bermunculan. Fakta pertama, setiap tim yang melakukan gol bunuh diri selalu mendulang kekalahan di akhir pertandingan. Kemudian yang kedua, jumlah gol bunuh diri kali ini lebih banyak ketimbang top skor Piala Dunia sementara Kapten Portugal Cristiano Ronaldo yang baru membukukan empat gol.

Berikut daftar gol-gol bunuh diri yang sudah tercipta di Piala Dunia 2018 hingga kini.

1. Grup B, Maroko 0-1 Iran, Jumat (15/6/2018)
Aziz Bouhaddouz (Maroko)



Pada laga yang digelar di Saint Petersburg tersebut, Maroko sebenarnya tampil beringas mengendalikan permainan. Statistik mencatat mereka bisa menguasai 68 persen bola yang bergulir. Namun memasuki pertengahan babak kedua, Maroko tak kunjung mencetak gol.

Sadar lini serangnya tumpul, Pelatih Maroko Herve Renard memasukan striker baru yakni Aziz Bouhaddouz menggantikan Ayoub El Kaabi pada menit ke-70 guna menambah daya gedor. Namun alih-alih membuat timnya unggul, Bouhaddouz justru mencetak gol bunuh diri pada masa injury time.

Berawal dari eksekusi tendangan bebas pemain Iran yang mengarahkan bola ke mulut gawang Maroko. Bouhaddouz yang berniat menghalau si kulit bundar justru menjebol gawang timnya sendiri yang dijaga Munir. Itu merupakan gol bunuh diri pertama di Piala Dunia tahun ini.

2. Grup C, Australia 1-2 Prancis, Sabtu (16/6/2018)
Aziz Behich (Australia)




Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga menit ke-79. Gol Prancis diciptakan Antoine Griezmann dari titik putih pada menit ke-58. Empat menit berselang, Australia bisa membalasnya berkat torehan Mile Jedinak juga dari sepakan dua belas pas.

Namun pada menit ke-80, gelandang Prancis Paul Pogba melepaskan tendangan dari jarak dekat yang tak bisa dihalau kiper Australia Mathew Ryan. Bola hasil sepakan penggawa Manchester United itu membentur tiang atas gawang kemudian memantul ke bawah melewati garis namun kembali keluar.

Sempat ada perdebatan mengenai torehan tersebut. Tapi tayangan ulang Video Assistant Refferee (VAR) menunjukkan kalau itu merupakan gol yang sah. Namun gol tersebut bukanlah milik Pogba sebab saat dia menendang, si kulit bundar sedikit mengenai kaki bek Australia Aziz Behich. FIFA akhirnya menganggap torehan tersebut sebagai gol bunuh diri Behich.

3. Grup C, Nigeria 0-2 Kroasia, Sabtu (16/6/2018)
Oghenekaro Etebo (Nigeria)



Bek Nigeria Oghenekaro Etebo melakukan gol bunuh diri pada menit ke-68. Berawal dari sepak pojok, striker Kroasia Mario Mandzukic yang berdiri bebas mampu menanduk bola. Namun si kulit bundar hasil sundulannya justru mengenai kaki Etebo yang berdiri dekat tiang gawang.

Bola pun berbelok dan masuk ke gawang timnya yang dijaga Francis Uzoho. Luka Modric menggenapi kemenangan Kroasia kala itu lewat golnya dari titik putih di menit ke-71.

4. Grup H, Polandia 1 -2 Senegal, Selasa (19/6/2018)
Thiago Cionek (Polandia)




Gol bunuh diri Cionek menjadi torehan pertama di laga tersebut yakni pada menit ke-37. Tendangan keras gelandang Senegal Idrissa Gueye dari luar kotak penalti berbelok arah akibat terkena kaki Cionek. Si kulit bundar tak bisa dihalau Kiper Polandia Wojciech Szczesny yang sudah mati langkah.

Satu gol lain Senegal lainnya dibukukan Mbaye Niang pada menit ke-60. Sementara Polandia hanya mampu sekali membalas lewat torehan Grzegorz Krychowiak.

5. Grup A, Rusia 3 - 1 Mesir, Selasa (19/6/2018)
Ahmed Fathy (Mesir)




Gol bunuh diri bek Mesir Ahmed Fathy pada menit ke-47 membuka keran gol Rusia pada laga yang berlangsung di Saint Petersburg Stadium. Berniat menghalau tendangan Roman Zobnin dari luar kotak penalti, Fathy justru mengirim bola ke gawangnya sendiri.

Dua gol tuan rumah lainnya diciptakan Denis Cheryshev pada menit ke-59 dan Atem Dzyuba tiga menit kemudian. Sedangkan satu gol balasan Mesir diciptakan Salah dari titik putih pada menit ke-73. Itu merupakan kekalahan kedua yang diterima tim berjuluk The Pharaohs tersebut di turnamen ini setelah sebelumnya dikandaskan Uruguay dengan skor 0-1.

Akibat dua kekalahan tersebut, Salah dkk dipastikan angkat koper dari turnamen sepak bola paling bergengsi di jagat raya tersebut.


Editor : Haryo Jati Waseso