6 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Arsenal dari Brighton

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 09:00 WIB
6 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Arsenal dari Brighton

Pemain Brighton & Hove Albion merayakan kemenangan 2-1 atas Arsenal di Emirates Stadium, Jumat (6/12/2019). (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id – Periode kelam Arsenal masih berlanjut. Klub London Utara itu kalah 1-2 dari Brighton & Hove Albion pada pekan ke-15 Premier League, Jumat (6/12/2019) dini hari WIB.

Bermain di Emirates Stadium, The Gunners kebobolan lebih dulu akibat torehan Adam Webster menit 36 sebelum disamakan Alexandre Lacazette (50). Namun , Brighton yang akhirnya jadi pemenang berkat gol Neal Maupay (80).

Itu merupakan kali kesembilan Arsenal gagal memetik kemenangan di semua kompetisi. Rinciannya, Pierre-Emerick Aubameyang dan kolega menelan tiga kekalahan dan enam hasil imbang.

Serangkaian hasil minor tersebut membuat posisi The Gunners di klasemen merosot. Sempat berada di empat besar pada awal musim, Arsenal kini malah duduk di tangga ke-10 berbekal 19 poin.

Tapi bukan hanya itu saja fakta menarik di balik kekalahan Arsenal. Berikut ulasan selengkapnya seperti yang sudah dihimpun tim iNews.id dari Opta dan Squawka:

52 – Arsenal sudah menerima 52 tembakan tepat sasaran dalam delapan pertandingan kandang Premier League musim ini. Jumlah tersebut jauh lebih banyak daripada yang mereka dapatkan di Highbury dalam semusim saat terakhir juara liga edisi 2003/2004.

9 – Arsenal tidak pernah menang dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi, rekor terpanjang kedua mereka sejak 10 laga tak pernah menang pada Maret 1977 atau 42 tahun silam.

5 – Lima gol Lacazette di Premier League musim ini dicetak di Emirates. Hanya winger Liverpool Mohamed Salah yang mencetak lebih banyak gol di kandang musim ini, yakni 6 gol.

2 – Ini merupakan kemenangan kedua Nakhoda Brighton Graham Potter di Emirates Stadium sebagai pelatih. Sebelumnya, dia pernah menang di Liga Europa saat masih menangani Klub Swedia Oestersund.

1 – Ini kemenangan tandang pertama Brighton melawan big six di Premier League (1 imbang, 15 kalah). Ini juga pertama kali bagi The Seagulls mencetak lebih dari satu gol ketika bertamu ke markas enam tim papan atas Inggris.

1 – Gelandang Arsenal Mesut Oezil memberikan assist untuk gol Lacazette. Itu assist pertamanya di Premier League musim ini dan yang kedua sepanjang 2019 di berbagai ajang.

Editor : Haryo Jati Waseso