7 Fakta Ernesto Valverde selama Latih Barcelona

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 18:55 WIB
7 Fakta Ernesto Valverde selama Latih Barcelona

Ernesto Valverde. (Foto: Barcablaugranes)

BARCELONA, iNews.idErnesto Valverde resmi dipecat dari kursi kepelatihan Barcelona, Selasa (14/1/2020). Tak tunggu lama, petinggi Blaugrana menunjuk Quique Setien sebagai suksesornya.

Valverde ditunjuk menukangi Lionel Messi dan kawan-kawan sejak Mei 2017 menggantikan Luis Enrique. Dua tahun lebih mengabdi, prestasinya terbilang lumayan karena berhasil menggondol empat trofi yaitu dua La Liga, satu Copa del Rey dan satu Piala Super Spanyol.

Tapi racikannya di lapangan kerap membuat Cules geram lantaran terlalu mengandalkan Messi sebagai poros permainan. Barcelona juga kerap main bertahan ketika dalam kondisi unggul. Situasi tersebut jauh dari filosofi Klub Katalan itu yang selalu tampil ngotot sepanjang permainan.

Bukti terbaru yakni Blaugrana kalah dari Atletico Madrid dengan skor 2-3 pada semifinal Piala Super Spanyol. Padahal kala itu, Barcelona sempat memimpin 2-1. Namun mereka justru lengah dan kebobolan dua gol di 10 menit akhir laga.

Selain data di atas, ada beberapa fakta menarik dari Valverde selama melatih Barcelona. Berikut ulasan selengkapnya dilansir Opta:

213 – Sebelum Barcelona, Valverde pernah melatih Athletic Bilbao, Valencia dan Villarreal. Dia telah memenangkan 213 pertandingan La Liga dalam kariernya, yang kelima terbanyak sepanjang masa. Luis Aragones menjadi pelatih yang paling sering menang (344).

112 – Messi menjadi pemain paling produktif di bawah arahan Valverde. Kapten Timnas Argentina itu mencetak 112 gol dan 46 assist. Messi terlibat dalam 47,9 persen dari 238 gol Barcelona di La Liga di bawah arahan Valverde.

69,5 persen – Valverde memimpin Barcelona dalam 95 pertandingan La Liga. Dia memenangkan 66 pertandingan di antaranya, 22 kali seri dan kalah 7. Rasio kemenangannya 69,5 persen yang merupakan terbaik kelima sepanjang sejarah klub. Presentasi terbaik dipegang Tito Vilanova yakni 92,10 persen.

43 – Valverde juga punya rekor apik ketika berhasil membawa Barcelona tak terkalahkan pada 43 pertandingan di La Liga. Tujuh laga di antaranya hadir saat masih ditangani Luis Enrique.

36 – Di awal kiprahnya, Valverde membawa Barcelona tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan La Liga. Blaugrana memenangkan 27 pertandingan di antaranya.

9 – Valverde mengalahkan Real Madrid sembilan kali abad ini, setara Pep Guardiola dan Diego Simeone. Tidak ada pelatih yang punya jumlah kemenangan lebih banyak daripada mereka.

0-3 dan 0-4 – Valverde dua kali kena comeback lawan dalam dua musim terakhir di Liga Champions. Edisi 2017/2018, Barcelona disingkirkan Roma di perempat final. Menang 4-1 di Camp Nou kemudian kalah 0-3 di Olimpico.

Musim setelahnya, Blaugrana terpaksa angkat koper usai ditumbangkan Liverpool di semifinal. Mereka unggul 3-0 di Camp Nou tapi dibantai 0-4 di Anfield.


Editor : Abdul Haris