9 Fakta Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 16:15 WIB
9 Fakta Quique Setien, Pelatih Baru Barcelona

Barcelona resmi menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru. (Foto: Sportskeeda)

BARCELONA, iNews.id – Barcelona menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru. Dia menggantikan Ernesto Valverde yang resmi dipecat pada Selasa (14/1/2020).

Oleh Barcelona, Setien dikontrak hingga 30 Juni 2022. Pelatih berusia 61 tahun itu dinilai sudah paham karakter sepak bola Spanyol karena pernah menangani beberapa klub dari Negeri Matador.

Namun sayang, Setien tak punya kesempatan melatih tim raksasa. Dia hanya bernaung di klub kecil seperti Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis.

Berikut fakta lainnya dari Setien yang dilansir laman resmi klub:

1. Setien mengawali karier sebagai pesepak bola pantai. Dia juga pernah memperkuat Timnas Sepak Bola Pantai Spanyol.

2. Di Racing Santander, dia dijuluki El Maestro dan merupakan salah satu idola karena jasanya saat masih berstatus pemain.

3. Setien berasal dari Cantabria. Dia pelatih ketiga Barcelona yang berasal dari sana setelah Enrique Orizaola (1961) dan Laureano Ruiz (1976).

4. Saat masih aktif sebagai pemain, Setien pernah menghadapi Barcelona 22 kali. Rinciannya dia memetik 5 kemenangan, 5 hasil imbang, dan menerima 12 kekalahan. Dari kesempatannya itu, Sentien mampu mencetak dua gol.

5. Sebagai pelatih, Setien telah bertemu Barcelona sebanyak tujuh kali. Dia menerima enam kekalahan dan satu kali menang. Kemenangan itu terjadi di Camp Nou pada ajang La Liga 2018/2019 saat menukangi Betis.

6. Dalam lawatannya ke Camp Nou, gelandang Barcelona Sergio Busquets pernah memberi Setien kaos yang bertuliskan, “Untuk Quique dengan penuh cinta dan kekaguman tentang bagaimana cara Anda memandang sepak bola. Semua yang terbaik.”

7. Setien pernah melatih mantan pemain Barcelona yakni Marc Bartra, Wilfrid Kaptoum, Christian Tello, Antonio Sanabria, Ronald Araujo, Alen Halilovic, dan Kevin-Prince Boateng. Dia juga melatih Junior Firpo, pemain Barcelona saat masih memperkuat Real Betis.

8. Setien sangat mengagumi Lionel Messi dengan menyebutnya sebagai pemain kelas atas dan terbaik sepanjang sejarah.

9. Olahraga yang digemari Setien selain sepak bola yaitu catur. Dia pernah melawan mantan juara dunia Anatoli Karpov dan Gary Kasparov.

Editor : Bagusthira Evan Pratama