Liga Champions

Ajax Taklukkan Juventus, De Ligt: Bukti Kehebatan Tim Belanda

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 17 April 2019 - 08:30 WIB
Ajax Taklukkan Juventus, De Ligt: Bukti Kehebatan Tim Belanda

Kapten Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt merayakan gol yang dicetaknya ketika mengalahkan Juventus 2-1 di Allianz Stadium, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. (Foto: Marco Bertorello/AFP)

Ajax Taklukkan Juventus, De Ligt: Bukti Kehebatan Tim Belanda

TURIN, iNews.id – Bek Ajax Amsterdam Matthijs De Ligt bangga timnya lolos ke semifinal Liga Champions usai menang 2-1 atas Juventus pada leg kedua perempat final di Allianz Stadium, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Dia mengatakan, kualitas tim dari Belanda kini patut diperhitungkan.

Klub asuhan Erik ten Hag itu melaju ke babak empat besar berkat keunggulan agregat 3-2 mengingat pada pertemuan pertama di Johan Cruijff Arena pekan lalu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Pada laga tadi, De Ligt menjadi penentu kemenangan Ajax dengan golnya di menit ke-67. Sebelumnya, mereka tertinggal lebih dulu di menit ke-28, setelah pemain Juventus Cristiano Ronaldo mencetak gol. Gelandang Ajax Donny van de Beek mampu menyamakan kedudukan di menit ke-34.

Bagi Ajax, ini merupakan pertama kalinya mereka merasakan semifinal Liga Champions sejak terakhir mencapainya di edisi 1996/1997. Kala itu, mereka bertemu Juve di babak empat besar dan takluk dengan agregat mencolok 2-6.

Keberhasilan tersebut sekaligus menegaskan ketangguhan klub berjuluk De Godenzonen itu musim ini. Sebelum menyingkirkan Si Nyonya Tua, pasukan Ten Hag tampil mengesankan di fase grup ketika berhasil menahan imbang raksasa Bundesliga Bayern Muenchen dua kali, yakni 1-1 di Munich dan 3-3 di Amsterdam.

Lebih hebatnya lagi, Ajax berhasik mengandaskan juara bertahan Liga Champions tiga musim beruntun Real Madrid di babak 16 besar dengan agregat meyakinkan 5-3. Takluk 1-2 di Belanda, De Ligt dkk bangkit dan menang telak 4-1 di Spanyol.

“Kami memiliki begitu banyak potensi. Kami semua masih sangat muda. Saya pikir semua orang melihat apa yang bisa kami lakukan. Saya tidak bisa menggambarkan seperti apa emosi yang kami miliki saat ini. Sulit dipercaya, tim dari Belanda menunjukkan kepada dunia apa yang bisa kami lakukan,” kata De Ligt kepada BT Sport.

“Kami bermain bagus melawan Bayern, Madrid dan sekarang Juve. Tapi masih ada semifinal untuk dimainkan. Kami belum puas. Pertandingan berikutnya juga akan menjadi penting,” ujarnya.

Pada fase semifinal nanti, lawan Ajax merupakan pemenang antara laga Manchester City kontra Tottenham Hotspur yang akan berlangsung di Etihad Stadium, Kamis (18/4/2019) dini hari WIB. The Liywhites lebih diunggulkan karena menang tipis 1-0 pada pertemuan pertama di White Hart Lane, pekan lalu.


Editor : Haryo Jati Waseso