Liga 1

Arema Kalah Telak dari PSIS, Persebaya Bantai Bhayangkara FC

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 18:00 WIB
Arema Kalah Telak dari PSIS, Persebaya Bantai Bhayangkara FC

Gelandang PSIS Semarang Septian David Maulana merayakan golnya ke gawang Arema FC pada pekan 31 Liga 1 2019 di Stadion Madya Magelang, Minggu (8/12/2019) sore. (Foto: Twitter Liga 1)

MAGELANG, iNews.idArema FC kalah telak 1-5 dari PSIS Semarang pada pekan 31 Liga 1 2019 di Stadion Madya Magelang, Minggu (8/12/2019) sore. Sementara Persebaya Surabaya menang telak 4-0 atas Bhayangkara FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Keran gol PSIS terbuka kala pertandingan bergulir 10 menit. Berawal dari lemparan ke dalam, bola jatuh di kaki Septian David Maulana yang memberikan umpan kepada Hari Nur Yulianto. Tanpa pikir panjang, Hari melepaskan kaki kiri yang sukses berbuah gol.

Menit ke-40, giliran Hari yang memberikan umpan tarik dari sayap kiri lapangan untuk memfasilitasi gol Septian. Keunggulan dua gol bagi tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu bertahan hingga jeda.

Sembilan menit babak kedua dimulai, Arema memperkecil kedudukan. Usai mendapat umpan terobosan, Rifaldi Bauwo dengan mudah melewati hadangan kiper PSIS Jandia Eka Putra dan leluasa menceploskan bola.

Sayang, euforia tim tamu tak berlansung lama. Menit ke-54, Septian kembali membuat publik Stadion Madya bergemuruh setelah tandukannya memaksimalkan sepak pojok Jonatahan Cantillana bersarang ke gawang Singo Edan kawalan Kartika Aji.

Pada menit ke-62, PSIS kembali menambah pundi-pundi gol. Kali ini, Bruno Silva yang memaksa Kartika memungut bola dari gawangnya. Pesta PSIS pada laga sore itu ditutup Komarudin pada masa injury time.

Tambahan tiga poin, membuat PSIS menjauhi zona degradasi dan naik ke peringkat ke-11 berbekal nilai 40. Sementara Arema tertahan di peringkat kedelapan dengan mengepak 43 poin.

Di partai lain, Persebaya yang tampil di depan ribuan Bonek Mania tampil beringas. Gol pertama Bajul Ijo tercipta pada menit ke-25 berkat sumbangan Aaryn Williams memanfaatkan assist David da Silva. Keunggulan 1-0 tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Tim asuhan Aji Santoso itu baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-71. Irfan Jaya menjadi kreator gol kedua setelah umpan tariknya dimaksimalkan Da Silva menjadi gol kedua.

Empat menit kemudian, Silva kembali membuat Bonek Mania bersorak. Menggirin bola dari tengah lapangan, dia melewati tiga bek Bhayangkara sebelum melepaskan tembakan ke pojok kanan gawang yang tak terbendung kiper Bhayangkara Wahyu Tri Nugroho.

Alih-alih bisa menyamakan kedudukan, Bhayangkara justru kian tertinggal pada menit ke-78 setelah bek I Putu Gede melakukan gol bunuh. Bermaksud menghalau umpan dari Irfan, defender Timnas Indonesia itu justru mengalahkan bola ke gawangnya sendiri.

Tambahan tiga poin membuat Persebaya melesat ke posisi kelima klasemen sementara dengan koleksi 46 angka. Sedangkan Bhayangkara ada satu tingkat di bawah mereka dengan 44 poin.

Editor : Abdul Haris