Uji Coba Internasional

Argentina Dipermalukan Spanyol, Sampaoli Tertampar, Messi Walkout

Abdul Haris · Rabu, 28 Maret 2018 - 11:00 WIB
Argentina Dipermalukan Spanyol, Sampaoli Tertampar, Messi Walkout

Jorge Sampaoli tampak kecewa melihat penampilan timnya kontra Spanyol di Wanda Metropolitano, Madrid, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. (Foto-Foto: Daily Mail)

MADRID, iNews.id – Pelatih tim nasional Argentina Jorge Sampaoli mengaku terkejut dengan kekalahan telak 1-6 yang dialami timnya saat meladeni Spanyol pada uji coba di Stadio Wanda Metropolitano, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB.

Bahkan, dia menyebut kekalahan memalukan ini sebagai tamparan buat timnya. Maklum, hasil ini masuk sebagai satu dari lima kekalahan terburuk La Albiceleste sepanjang sejarah.

Sebelumnya tanpa Lionel Messi Argentina mampu menang 2-0 atas Italia di Etihad Stadium, Jumat (23/3/2018). Namun, hal itu tak berulang di Madrid. Tuan rumah terlalu kuat. Sehingga, absennya sang megabintang membuat La Albiceleste tak mampu berbuat banyak.

Meski tak main, ikon Barcelona itu tetap menyaksikan perjuangan rekan-rekannya dari tribune penonton. Dia tampak berulang kali menunjukkan wajah kekecewaannya. Bahkan, saking tak tahan, bintang berjuluk La Pulga itu meninggalkan stadion sebelum pertandingan usai.

Messi (kanan) menyaksikan dari tribune penonton. 

Kekalahan ini menjadi sinyal pengingat buat Sampaoli bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskannya agar tak tampil memalukan di Piala Dunia 2018, Juni-Juli mendatang.  

“Kami harus mengendalikan permainan. Hal seperti ini tidak boleh terjadi pada kami di Piala Dunia nanti. Spanyol telah menampar kami, kami harus tetap bekerja. Ini hasil yang tak normal yang dapat mengubah perspektif pelatih jika semuanya tidak dianalisa,” tutur Sampaoli, dikutip Soccerway.

“Saya harus mengurai pertandingan dengan baik dan memutuskan. Anda harus menyelesaikan masalah emosional. Kami tidak berharap banyak kekuatan dari lawan,” ujar pria yang memulai tugasnya sebagai pelatih timnas Argentina pada 1 Juni tahun lalu.

Striker Argentina Gonzalo Higuain tampak terpukul dengan kekalahan ini.

Di laga tersebut, Argentina membiarkan Spanyol mengendalikan permainan di babak pertama yang membuat La Albiceleste kandas 1-2. Dua gol Spanyol melalui Diego Costa pada menit ke-12 dan Isco (27), hanya bisa dibalas sekali oleh Nicolas Otamendi (39).

Di babak kedua, Argentina semakin berantakan dan tak mampu mematikan pesona Isco yang mencetak hattrick perdananya di level internasional setelah kembali mencetak dua gol tambahan pada menit ke-52, dan 75. Dua gol Spanyol lainnya datang lewat aksi Thiago Alcantara (55), dan Iago Aspas (74).

“Di babak kedua, Spanyol membongkar kami dengan menyerang langsung. Gol yang sangat cepat datang dan itu membuat perbedaan dalam hasil. Hasilnya menjelaskan bahwa kami perlu mengambil laga ini untuk menyusun skuat final dan tetap bekerja sehingga hal-hal seperto ini tidak terjadi di Piala Dunia,” kata Sampaoli.

“Tujuannya adalah untuk mempertahankan diri kami lebih banyak menguasai bola. Kami tidak memiliki aspek pertahanan untuk mencapai keseimbangan dan soliditas yang kami harapkan,” Sampaoli mengeluhkan penampilan timnya.


KEKALAHAN TERBURUK ARGENTINA

Cekoslowakia vs Argentina

6-1

Helsingborg, Swedia; 15-05-1958

Uruguay vs Argentina

5-0

Guayaquil, Ekuador; 06-12-1959

Argentina vs Kolombia

0-5

Buenos Aires, Argentina; 05-09-1993

Bolivia vs Argentina

6-1

La Paz, Bolivia; 01-04-2009

Spanyol vs Argentina

6-1

Madrid, Spanyol; 27-03-2018

Editor : Abdul Haris