Asosiasi Pemain Ingin Liga Spanyol Dilanjutkan, Ini 3 Opsi yang Dipertimbangkan

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 28 Maret 2020 - 05:42 WIB
Asosiasi Pemain Ingin Liga Spanyol Dilanjutkan, Ini 3 Opsi yang Dipertimbangkan

Kompetisi La Liga Spanyol masih mengalami penangguhan karena virus corona. (Foto: Worldsoccer)

MADRID, iNews.id – Operator La Liga Spanyol dan juga Asosiasi Pemain Sepak bola Spanyol (AFE) bersikeras untuk tetap melanjutkan kompetisi musim ini. Mereka pun memiliki setidaknya tiga opsi jika kompetisi ingin berlanjut.

La Liga harus terpaksa dihentikan sejak 12 Maret 2020 lalu. Penyebaran virus corona (COVID-19) yang begitu cepat di Negeri Matador itu memaksa kompetisi dihentikan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales belum bisa memutuskan kapan La Liga akan digelar kembali. Rubiales berjanji pihaknya bakal mengatur ulang jadwal La Liga tanpa menganggu kompetisi musim depan.

Pada musim ini sendiri masih ada 11 laga La Liga yang belum dimainkan. Dengan begitu, akan tercipta beberapa opsi kapan kompetisi kasta teratas di Spanyol bisa berlanjut. Berikut pilihannya, seperti dikutip dari Marca:

 

1. Memulai Kompetisi pada Mei 2020

Opsi pertama adalah melanjutkan La Liga pada Mei mendatang. Lebih tepatnya pada pertengahan Mei. Jika rencana ini bisa dilaksanakan, maka ada peluang kompetisi bisa berakhir tepat waktu, pada 30 Juni.

Namun, opsi ini dianggap terlalu ambisius, karena belum ada jaminan suasana sudah kondusif kala itu. Apalagi opsi ini bisa berjalan jika laga berlangsung tanpa penonton dan seluruh klub bermain setiap tiga hari sekali.

 

2. Memulai Kompetisi pada Musim Panas 

Opsi melanjutkan kompetisi di musim panas pada Juni atau Juli sangat masuk akal. Pasalnya, kemungkinan situasi sudah kembali kondusif untuk melanjutkan liga.

Apalagi kini Euro 2020 sudah ditunda sampai satu tahun, sehingga tidak ada beban yang besar. Namun, langkah ini akan membuat kompetisi berlanjut hingga September. Keadaan itu membuat jeda antarmusim juga akan sangat singkat.

 

3. Memulai Kompetisi pada September 

Jika kondisi masih belum juga membaik dan La Liga ingin melanjutkan kompetisi musim ini, maka melangsungkan kegiatan pada September menjadi pilihan terakhir.

Hanya saja, opsi ini akan memengaruhi jalannya kompetisi musim depan. Dengan begitu, La Liga harus menyesuaikan jadwal pertandingan musim 2020/2021 menjadi lebih padat.

Editor : Abdul Haris