Bagus Kahfi Cedera Panjang, Garuda Select Andalkan 2 Pemain Ini

Abdul Haris ยท Senin, 09 Maret 2020 - 16:00 WIB
Bagus Kahfi Cedera Panjang, Garuda Select Andalkan 2 Pemain Ini

Arsa Ahmad dan Alfriyanto Nico bakal diandalkan Garuda Select saat menghadapi AFC Bournemouth U-18, Rabu (11/3/2020). (Foto: Garuda Select)

BIRMINGHAM, iNews.id – Cedera panjang yang dialami striker utama Bagus Kahfi membuat tim pelatih Garuda Select harus putar otak cari solusinya. Mesin gol berambut kribo itu harus menjalani istirahat panjang selama delapan bulan usai operasi pemulihan cedera patah pergelangan kaki dan pergeseran ligament.

Sebagai alternatif, stok lini depan hanya tersisa Arsa Ahmad dan Alfriyanto Nico. Keduanya sebenarnya menjadi duel andalan di lini depan sebelum Bagus kembali bergabung pada medio Desember lalu.

Menurut Asisten Pelatih Garuda Select, cederanya Bagus menjadi momentum yang tepat untuk Arsa dan Nico untuk menunjukkan ketajamannya.

Kualitas mereka bakal diuji ketika Garuda Select menghadapi AFC Bournemouth U-18, Rabu (11/3/2020). Menurut rencana, pertandingan akan berlangsung di markas akademi tim berjuluk The Cherries tersebut.

“Dalam sepak bola, jika Anda mendapatkan kesempatan, maka harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Memang, cedera Bagus membuat lini depan Garuda Select kembali jadi sorotan tim pelatih setelah sebelumnya fokus pada lini pertahanan.

Holmes menjelaskan, kini para pemain sedang mematangkan pertukaran posisi ketika menyerang. Di sini, pengambilan keputusan menjadi aspek penting yang harus diutamakan, terlebih ketika dihadapkan dengan situasi apakah harus menembak, atau mengoper ke rekan terdekat.

"Akan ada banyak latihan perubahan posisi kali ini. Para pemain dituntut memiliki ketahanan fisik yang kuat untuk bisa melakukan strategi ini dengan baik,” ucap Holmes.

“Kebugaran mereka benar-benar diuji dalam sistem seperti ini. Itu sebabnya mereka membutuhkan dua sesi latihan hari ini. Pagi di gym bersama Jake Fitzsimmons (pelatih fisik), dan sore di lapangan,” katanya.

Pelatih Fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons menjelaskan bahwa kondisi para pemain terlihat meyakinkan. Menurutnya, skema pertukaran posisi membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam berlari. Oleh karena itu, latihan di gym lebih difokuskan untuk pada area tubuh bagian bawah.

“Para pemain memperlihatkan kerja keras yang mengagumkan pada sesi latihan kali ini. Saya sempat meminta mereka untuk menjajal sprint sebagai bentuk pemanasan,” tutur Fitzsimmons.

Editor : Abdul Haris