Bakal Bentrok dengan Pemilu 2019, Liga 1 Akan Diundur

Ilma De Sabrini ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 20:07 WIB
Bakal Bentrok dengan Pemilu 2019, Liga 1 Akan Diundur

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id ­­­- Anggota Executive Committee Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (EXCO PSSI) Gusti Randa mengungkapkan, pergelaran kompetisi Liga 1 kemungkinan besar akan diundur.

Hal itu dilakukan agar jadwal kompetisi tidak bentrok dengan kampanye pemilu 2019. Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini pun memperkirakan Liga 1 2019 akan dimulai Mei mendatang.

“Kita tahu 17 April itu ada Pemilu. Yang kita tahu 3 bulan sebelum itu lagi marak nih kampanye. Stadion bisa saja terpakai. Sehingga masalah scheduling agak sulit,” kata Gusti saat acara diskusi Polemik Trijaya yang bertajuk 'Sepak Mafia Bola' di D'consulate Resto, Jakarta, Sabtu (5/1/2019).

Selain itu, dia merasa masuknya Bulan Ramadhan pada Mei, juga menjadi alasan lain untuk memundurkan jadwal dimulainya ajang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia itu. Namun, Gusti menegaskan masalah ini akan diputuskan pada Kongres PSSI, sekaligus agar tidak bentrok dengan kegiatan tim nasional Indonesia.

“Karena kita tahu misalnya agak sulit (pelaksanaan Liga 1) di Januari, Februari, April. Ada kemungkinan liga ditunda satu bulan, yaitu bulan Mei. Tapi bulan Mei itu sudah masuk Ramadhan, sehingga nanti di kongres (PSSI) akan kita putuskan sebetulnya kita mau di bulan apa, agar nanti schedule ini sesuai dengan timnas,” jelasnya.

Selain Liga 1, Gusti juga mengungkapkan turnamen Piala Presiden juga akan diundur.  Dia menegaskan ditakutkan nama di kompetisi itu akan tersangkut ke dalam masalah di tahun politik sekarang.

"Yang kedua, tagline kita yang namanya Piala Presiden, ini jangan kita kena semprit oleh KPU atau Panwaslu, karena tagline itu Piala Presiden," tuturnya.


Editor : Haryo Jati Waseso