Barcelona Dihantui Kegagalan saat Hadapi Fase Gugur Liga Champions

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 19:01 WIB
Barcelona Dihantui Kegagalan saat Hadapi Fase Gugur Liga Champions

Starting XI Barcelona musim 2019/2020 (Foto: AS)

NAPOLI, iNews.idBarcelona punya pengalaman buruk saat hadapi fase gugur Liga Champions. Dalam dua musim terakhir, mereka tersingkir setelah sempat menang di leg yang pertama.

Pada 2017/2018, Los Blaugrana terpental dari babak perempat final. Ketika itu mereka sempat menang 4-1 atas AS Roma. Namun di leg kedua, Barca kalah tiga gol tanpa balas. Meski secara agregat sama kuat 4-4, Barca dinyatakan tak lolos karena kalah agresivitas gol tandang.

Semusim berselang, Lionel Messi dan kolega dipermalukan oleh Liverpool. Pada leg pertama, mereka menang 3-0 di Estadio Camp Nou. Namun saat leg kedua digelar di Anfield Stadium, Barca keok empat gol tanpa ampun.

Hasil itu menghantui tim asuhan Quique Setien jelang hadapi Napoli di babak 16 besar. Pertandingan pertama bakal dimainkan di Stadion San Paolo, Rabu (26/2/2020) dini hari WIB.

“Kenyataannya saat ini sudah sangat sedikit yang membahas pertandingan-pertandingan itu (melawan Roma dan Liverpool), meskipun saya akui kami masih memikirkannya,” kata Setien dikutip Marca.

“Tapi kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Saya pikir tim baik-baik saja. Saya percaya kami terus berada dalam dinamika positif. Kami mampu memberikan kinerja yang telah dilatih dalam waktu lama,” ujarnya.

Buat Setien, laga nanti menjadi debutnya di Liga Champions setelah ditunjuk menggantikan Ernesto Valverde. Eks pelatih Real Betis tersebut mengaku tak cemas dengan peluang anak didiknya.

“Tidak ada keraguan, ini pertandingan Liga Champions pertama saya dan itu memberi saya motivasi yang lebih besar. Sungguh emosional bagi saya untuk memulai perjalanan ini di stadion seperti ini. Penuh gairah dan sejarah,” tuturnya.

“Saya pikir ini akan menjadi permainan yang sangat menyenangkan. Kami telah melihat apa yang mampu dilakukan Napoli. Mereka akan memberi kami kekuatan yang luar biasa,” ucap Setien.


Editor : Bagusthira Evan Pratama