Liga Champions

Barcelona Libas Dortmund, Valverde: Pemain Bagus Bisa Saling Memahami

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 28 November 2019 - 20:17 WIB
Barcelona Libas Dortmund, Valverde: Pemain Bagus Bisa Saling Memahami

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde. (Foto: LLUIS GENE/AFP)

BARCELONA, iNews.id – Pelatih Barcelona Ernesto Valverde yakin lini serangnya akan semakin tajam seiring berjalannya waktu. Apalagi kombinasi Luis Suarez, Lionel Messi dan Antoine Griezmann terbukti begitu vital saat Blaugrana menang 3-1 atas Borussia Dortmund pada laga kelima Grup F Liga Champions di Camp Nou, Kamis (28/11/2019) dini hari WIB.

Pada laga itu, Suarez mencetak gol pertama, usai memaksimalkan umpan Messi pada menit ke-29. Setelah itu, giliran Messi yang menjebol gawang Dortmund pada menit ke-33.

Kemudian Griezmann menuntaskan umpan dari Messi dengan tembakan first-time pada menit ke-67. Valverde menilai hubungan antar pemainnya sudah semakin bagus, sehingga mampu bisa saling membantu.

“Pemain bagus selalu bisa saling memahami. Contohnya, Luis dan Leo saling memahami dengan sempurna, karena telah lama bermain bersama. Saya yakin hal serupa akan dialami Leo dan Griezmann,” kata Valverde dikutip Marca.

Griezmann baru masuk pada menit ke-26, setelah Ousmane Dembele ditarik keluar akibat cedera pergelangan kaki. Cedera Dembele itu menjadi yang keenam selama 2019.

Valverde mengaku heran mengapa penggawanya itu kerap cedera. Dia pun menyayangkan kemenangan atas Dortmund harus dibayar mahal dengan cederanya Dembele.

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi jika Dembele tidak cedera. Kami sedih dia cedera. Saya tidak tahu apa yang membuat dia kerap cedera. Saya sudah merasa aneh ketika dia melompat,” ujarnya.

Hasil itu juga membuat Barcelona, lolos ke babak 16 besar. Mereka mengoleksi poin 11, sehingga Dortmund dan Inter Milan yang berada di tempat kedua dan ketiga dengan angka 7 dipastikan sudah tak mampu mengejar klub Katalan tersebut.

Valverde mengaku terkejut bisa lolos, dengan satu laga tersisa menghadapi Inter, Rabu (11/12/2019) dini hari WIB. Padahal, semua tim yang tergabung pada Grup F bukan lawan yang mudah.

“Kami berada di grup paling sulit, dan masih memiliki satu laga tersisa. Kami banyak menderita, tetapi hal itu sangat bermakna. Terlepas dari beberapa menit terakhir, kami sudah bermain dengan baik,” tutur Valverde.

Editor : Abdul Haris