Liga Champions

Barcelona Vs MU, Ini Statistik Menarik Duel Kedua Tim

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 16 April 2019 - 12:44 WIB
Barcelona Vs MU, Ini Statistik Menarik Duel Kedua Tim

Peain Manchester United. (Foto: AFP)

BARCELONA, iNews.id – Duel sengit bakal tersaji di Camp Nou ketika raksasa La Liga Barcelona menjamu Manchester United (MU) pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB.

Saat ini, Blaugrana tengah di atas angin berkat kemenangan 1-0 pada pertemuan pertama di Old Trafford pekan lalu. Secara matematis, mereka hanya butuh hasil imbang tanpa gol untuk memastikan lolos ke semifinal.

Selain itu, Lionel Messi dkk didukung statistik apik. Sejarah mencatat, dari 70 laga sebelumnya di Liga Champions, hanya ada empat tim yang tersingkir setelah menang pada laga pertama di markas lawan.

Namun, bukan hanya itu statistik menarik duel kedua tim. Berikut ulasan selengkapnya dikutip Opta:

90 – Sebesar 90 persen gol Liga Champions The Red Devils tercipta saat bermain tandang (9 dari 10). Namun, MU hanya memenangkan satu dari lima pertandingan tandang terakhir di fase gugur (imbang 2 kalah 2).

49 – MU kalah 49 kali di Liga Champions. Skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu bisa menjadi klub kesembilan yang menelan 50 kekalahan dalam kompetisi jika ditumbangkan Barca dini hari nanti. Tim Inggris lainnya yang mencapai angka tersebut adalah Arsenal (53).

39 – Barca selalu lolos pada 39 dari 41 pertandingan fase gugur di kompetisi Eropa setelah menang pada pertemuan pertama di kandang lawan.

33 – Striker Barca Luis Suarez memiliki 33 tembakan ke gawang yang gagal berbuah gol di Liga Champions musim ini, terbanyak dibandingkan pemain lainnya.

30 – Kubu Blaugrana tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan kandang Liga Champions terakhir, terlama dalam kompetisi sepanjang sejarah (menang 27 imbang 3). Mereka baru kebobolan 15 gol. Tim terakhir yang bisa mengalahkan mereka adalah Bayern Muenchen pada semifinal 2012/2013 dengan skor 3-0.

22 –Messi telah mencetak 22 gol dalam 31 pertandingan Liga Champions melawan wakil Inggris, lebih dari pemain lainnya dalam kompetisi. 13 dari gol tersebut terjadi dalam sembilan pertandingan terakhir melawan tim Inggris di Camp Nou, termasuk hattrick vs Arsenal (April 2010) dan Manchester City (Oktober 2016).

1 – MU hanya sekali lolos dari empat pertandingan di Eropa setelah kalah pada pertemuan pertama di kandang. Capaian itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions musim ini ketika mereka menyingkirkan Paris Saint-Germain. Kalah 0-2 di Old Trafford, kemudian berbalik menang 3-1 di Paris.

0 – Barca tidak pernah kalah dalam pertandingan kandang melawan MU di kompetisi Eropa (menang 2 imbang 2). Pertemuan terakhir kedua tim berakhir 0-0 pada semifinal Liga Champions, April 2008.

0 – Pada pertemuan pertama, MU tak membuat satu pun tembakan tepat sasaran ke gawang Barca. Itu pertama kalinya terjadi di Liga Champions sejak kekalahan 0-1 dari AC Milan, Maret 2005.


Editor : Haryo Jati Waseso