UEFA Nations League

Belanda Dikalahkan Potugal, Koeman: Permainan Kami Kurang Gereget

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 10 Juni 2019 - 08:00 WIB
Belanda Dikalahkan Potugal, Koeman: Permainan Kami Kurang Gereget

Pelatih timnas Belanda Ronald Koeman (kiri) memberi instruksi kepada gelandang Giorginio Wijnaldum pada final UEFA Nations League kontra Portugal di Estadio Do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. (Foto: UEFA)

PORTO, iNews.id – Pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman kecewa dengan performa tim asuhannya yang gagal juara UEFA Nations League usai kalah 0-1 dari Portugal di Estadio Do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Menurut dia, pasukannya bermain kurang gereget. 
 
Statistik mencatat, De Oranje sebenarnya lebih menguasai permainan. Virgil van Dijk dan kolega berhasil menguasai 55 persen aliran bola. Sayang, aliran serangan mereka kurang tajam. 
 
Buktinya, Belanda hanya bisa melepaskan satu tembakan tepat sasaran sementara tuan rumah tujuh kali. Satu dari tujuh percobaan Selecao das Quinas bahkan berbuah gol pada menit ke-60 melalui sepakan Goncalo Guedes. 
 
“Kami tidak menciptakan terlalu banyak peluang. Kami seharusnya lebih pintar. Saya akui, kami tidak cukup baik malam ini. Kami tahu harus berusaha sebaik mungkin untuk menang dan ternyata tidak,” kata Koeman dilansir laman UEFA. 
 
“Portugal sangat kompak. Pada babak pertama, kami seharusnya lebih sabar dan menguasi bola. Kemudian mereka mencetak gol dan itu membuat kami tambah sulit. Mereka ahli dalam mempertahankan keunggulan. Kami lelah dan tidak cukup baik di fase terakhir,” ujarnya. 
 
Meski begitu, mantan kapten Barcelona itu menegaskan gelar runner-up ini sangat bagus bagi skuatnya yang dihuni banyak talenta muda sebagai batu loncatan untuk berprestasi pada ajang selanjutnya. 
 
“Walau tidak menang di final, Anda tetap bisa mengambil pengalaman. Kami membuat langkah besar dalam kampanye UEFA Nations League. Tim ini membutuhkan waktu, kekuatan, dan bermain lebih ofensif untuk menciptakan lebih banyak peluang serta memiliki apa yang sudah dilewatkan malam ini,” tuturnya. 


Editor : Abdul Haris