Belum Mau Pensiun, Kazuyoshi Miura Perpanjang Kontrak di Usia 51 Tahun

Abdul Haris ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 14:50 WIB
Belum Mau Pensiun, Kazuyoshi Miura Perpanjang Kontrak di Usia 51 Tahun

Kazuyoshi Miura (Foto: AFP)

YOKOHAMA, iNews.id – Masih ingat Kazuyoshi Miura? Ya, dia adalah legendaris sepak bola Jepang. Ternyata, di usia 51 tahun, dia masih belum mau pensiun sebagai pemain sepak bola.

Bahkan, Miura baru saja perpanjang kontraknya dengan klub J2 League, Yokohama FC, Jumat (11/1/2019). Padahal, usianya akan beranjak 52 tahun pada 26 Februari mendatang. Ini akan menjadi musim ke-34 dirinya sebagai pesepak bola profesional.

Pada 2017 lalu, Miura memecahkan rekor Stanley Matthews sebagai pencetak gol tertua dalam sepak bola professional di usia 51 tahun. Dia juga menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif bermain sejak J-League pertama kali digulirkan pada 1993.

“Saya memperbaharui kontrak untuk musim 2019. Terima kasih untuk semua orang yang selalu mendukung saya,” ujar Miura, dilansir Soccerway.

“Saya akan berpartisipasi dalam banyak pertandingan. Saya tak akan menyia-nyiakan walau semenit, atau sedetik. Saya ingin terus bertatap muka dengan sepak bola dan mengikuti pelatihan harian dengan kekuatan maksimum,” tuturnya.

Miura dikenal sebagai pemain paling popular dalam sejarah sepak bola Jepang. Dia pensiun dari tim nasional Samurai Biru 19 tahun lalu setelah menyumbang 55 gol dari 89 penampilannya. Dia berjasa membawa negaranya kampiun Piala Asia 1992.

Pemain berjuluk King Kazu itu bergabung Yokohama di usia 38 tahun pada 2005 silam. Dia mengawali karier bersama klub Brasil Santos dan menghabiskan beberapa tahun di negara penghasil kopi tersebut sebelum pulang kampung pada 1990.

Tiga tahun kemudian, dia terpilih menjadi pemain terbaik pada musim perdana J-League mengalahkan striker Inggris Gary Lineker dan bintang Brasil Zico. Kemudian, dia juga mengadu nasib di klub Serie A Genoa selama semusim pada 1993-1994.

Miura juga menjadi pemain Jepang pertama yang meraih penghargaan Pemain Terbaik Asia 1993. Namun, secara kontroversial dia meninggalkan timnas Jepang pada Piala Dunia 1998 meskipun menyumbang 14 gol pada kualifikasi yang membantu negaranya lolos ke kejuaraan paling elite itu untuk pertama kalinya.

Musim lalu, Miura main 56 menit dalam sembilan penampilannya untuk Yokohama. Namun, dia gagal mencetak gol.


Editor : Abdul Haris