Piala Dunia 2018

Beringas Lawan Islandia, Ahmed Musa Siap Bungkam Messi dan Argentina

Reynaldi Hermawan ยท Minggu, 24 Juni 2018 - 09:39 WIB
Beringas Lawan Islandia, Ahmed Musa Siap Bungkam Messi dan Argentina

Bomber tim nasional Nigeria Ahmed Musa tampil beringas saat membawa timnya menang 2-0 atas Islandia pada laga lanjutan Grup D Piala Dunia 2018. (Foto: Getty Images)

VOLGOGRAD, iNews.id – Bomber tim nasional Nigeria Ahmed Musa tampil beringas saat membawa timnya menang 2-0 atas Islandia pada laga lanjutan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Volgograd Arena, Jumat (22/6/2018) malam WIB. Kini, Musa siap meladeni kekuatan Argentina di laga pamungkas grup empat hari berselang.

Pada laga tersebut, pemain berusia 25 tahun itu tampil menawan dan berhasil membukukan dua gol pada menit ke-49 dan 75. Kemenangan itu sekaligus membuka kans Nigeria melaju ke fase 16 besar. Kini tim berjuluk Super Eagles itu bercokol di posisi kedua klasemen dengan nilai tiga.

Musa dkk tertinggal tiga angka dari Kroasia di puncak klasemen yang sudah dinyatakan lolos ke fase gugur. Jika ingin menemani Kroasia, Nigeria harus mendulang poin penuh di laga pamungkas melawan Argentina di Stadion Saint Petersburg.

Dia sadar Argentina merupakan tim besar yang diisi salah satu pemain terbaik dunia Lionel Messi. Namun Musa mengungkapkan sama sekali tak gentar. Sebab dia memiliki rekor bias selalu mencetak gol setiap berhadapan denganMessi.

Empat tahun lalu, pada Piala Dunia 2014 Brasil, Nigeria takluk 2-3 dari Argentina di penyisihan grup. Kala itu Messi dan Musa sama-sama menyumbang dua gol untuk timnya. Setelah itu, Musa juga bias mencetak gol saat mantan timnya Leicester City kalah 2-4 dari Barcelona yang diperkuat Messi pada laga uji coba pramusim.

Performa tersebut diharapkannya bias terulang pada laga nanti. Musa sangat ingin mencetak gol ke gawang Argentina dan membawa Nigeria melenggang ke babak 16 besar.

“Setiap saya bertemu Messi, saya bias mencetak gol. Baik itu ketika bersama Nigeria atau dengan Leicester. Jadi saya pikir di pertandingan nanti saya juga bias mencetak dua gol. Segalanya sangat mungkin terjadi,” kata Musa dikutip The National.

Musa memulai kariernya di GBS Football Academy pada 2008-2010. Namun di sana, dia tak mendapat kesempatan bermain sekali pun. Klub tersebut akhirnya meminjamkannya ke klub lokal Nigeria JUTH FC pada 2008/2009. Bermain semusim, Musa bias mencetak empat gol dari 18 penampilan.

Setahun kemudian, pria kelahiran Jos itu dipinjamkan ke Kano Pillars. Di sana, Musa tampil beringas dan mencetak 18 gol dari 25 laga. Penampilan apiknya tersebut yang membuat klub Belanda VVV-Venlo berhasrat untuk merekrutnya pada 2010.

Dua tahun mencari nafkah di Negeri Kincir Angin, Musa hanya dipercaya bermain 37 kali dan mencetak delapan gol. Namun talentanya dicium klub Rusia CSKA Moskow yang akhirnya memboyongnya pada 2012. Di sana, Musa menjadi pemain andalan tim dan berhasil membukukan 42 gol dari 125 penampilan.

Kemudian pada 2016, Musa akhirnya direkrut Leicester City. Sayang kubu The Foxes, jarang member Musa menit bermain. Total Musa hanya melakoni 33 laga dan mencetak lima gol di semua kompetisi. Kondisi tersebut yang membuatnya kembali dipinjamkan ke CSKA Moskow hingga kini.

Di level negara, Musa sudah memperkuat Nigeria sejak 2010 silam. Sejauh ini dia sudah mencetak 15 gol bagi negaranya dari 74 laga.


Editor : Achmad Syukron Fadillah