Bungkam Persela 5-1, Madura United Puncaki Klasemen Liga 1 2019

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 22:19 WIB
Bungkam Persela 5-1, Madura United Puncaki Klasemen Liga 1 2019

Striker Madura United Alberto 'Beto' Goncalves (kanan) merayakan golnya ke gawang Persela Lamongan pada pekan pertama Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019) malam. (Foto: Madura United)

LAMONGAN, iNews.id – Madura United memulai Liga 1 2019 dengan langkah meyakinkan setelah melumat tuan rumah Persela Lamongan 5-1 di Stadion Surajaya Lamongan, Jumat (17/5/2019) malam.

Pesta gol ini menjadi skor terbesar pada pekan pertama musim ini. Alhasil, Laskar Sapeh Kerrab berhak duduk di singgasana klasemen sementara dengan poin 3, setara dengan PSS Sleman, Bali United, dan Kalteng Putra yang juga mengawali kompetisi dengan kemenangan.

Madura United mampu menguasai bola di lima menit pertama pertandingan. Bola banyak diarahkan ke Aleksandar Rakic yang menjadi ujung tombak. Namun, Rakic kerap terjebak perangkap offside yang dipasang Persela. 
 
Gol akhirnya tercipta pada menit ke-13, lewat skema serangan balik. Alberto ‘Beto’ Goncalves sukses melesakkan bola ke dalam gawang Persela, usai memaksimalkan sepak pojok Greg Nwokolo.  
 
Setelah kebobolan, Persela mulai bermain lebih agresif. Namun sejumpa serangan yang mereka lancarkan mampu dihentikan oleh Laskar Sappeh Kerab

Upaya tak kenal lelah dari Persela membuahkan hasil pada menit ke-35. Berawal dari tendangan bebas, bola yang sampai ke kotak penalti disambar Alex Dos Santos ke gawang tim tamu. 
 
Meski begitu, Madura United berhasil kembali memimpin pada menit ke-42. Andik Vermansah yang menembus pertahanan Persela melepaskan tendangan ke arah gawang.

Bola berhasil ditahan oleh Kiper Persela Dian Agus dengan kakinya, tetapi bola muntah bisa didapatkan Beto yang langsung menceploskannya ke dalam gawang. 
 
Madura United berhasil menambah satu gol lain pada menit ke-45.  Umpan jauh dari belakang berhasil didapat Rakic di luar kotak penalti. Lalu, dia menendang bola ke gawang kosong yang ditinggal Dian Agus yang maju ke depan. Gol itu sekaligus menjadi penutup babak pertama. 
 
Memasuki babak kedua, Persela terus berupaya untuk memperkecil ketertinggalannya. Laskar Joko Tingkir kemudian mendapat peluang pada menit ke-55. Namun, Ridho sukses mengamankan gawangnya, sehingga tak kebobolan. 
 
Petaka bagi Persela terjadi lima menit kemudian. Mereka terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Dos Santos menerima kartu kuning kedua.

Hal itu langsung dimanfaatkan Madura United untuk menambah keunggulan berkat gol torehan Greg Nwokolo pada menit ke-63. 
 
Unggul tiga gol tak membuat Madura United mengendurkan serangannya. Pada menit ke-80, Slamet Nur Cahyo menerima umpan Rakic dari sisi kiri lapangan dan melepaskan tendangan ke gawang Persela. Setelah itu, tak ada gol tercipta hingga laga usai. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
PERSELA (4-2-3-1)  
Dian Agus Prasetyo; Eky Taufik, Arif Satria, Mawouna Amevor, Ahmad Birrul Walidain; Lucky Wahyu (Hambali Tolib 46), Kei Hirose; Malik Risaldi, Marcel Alexander Kararbo, Delvin Rumbino (Ahmad Subagja Baasith  82); Alex Dos Santos  
Pelatih: Aji Santoso 
 
MADURA UNITED (4-3-3) 
Muhammad Ridho; Marckho Merauje, Jaimerson, Fandry Imbiri, Andik Rendika Rama (Alfath Fathier 84); Alberto Goncalves, Zulfiandi, Guntur Ariyadi (Slamet Nur Cahyo 71); Andik Vermansah (David Laly 86), Aleksandar Racic, Greg Nwokolo  
Pelatih: Dejan Antonic


Editor : Abdul Haris