Liga Inggris

Calvert-Lewin Hattrick, Everton Libas 10 Pemain West Brom

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 19 September 2020 - 20:42 WIB
Calvert-Lewin Hattrick, Everton Libas 10 Pemain West Brom

Dominic Calvert-Lewin mencetak hattrick saat Everton pesta 5-2 West Bromwich Albion (WBA) pada pekan kedua Premier League di Goodison Park, Sabtu (19/9/2020) malam WIB. (Foto: Premier League)

LIVERPOOL, iNews.idEverton melanjutkan langkah positifnya dengan pesta 5-2 atas West Bromwich Albion (WBA) pada pekan kedua Premier League di Goodison Park, Sabtu (19/9/2020) malam WIB. Sempat tertinggal, hattrick Dominic Calvert-Lewin mampu membuat The Toffees pulang dengan poin maksimal.

Ini merupakan kemenangan kedua beruntun Everton musim ini setelah pekan lalu mencuri kemenangan 1-0 di kandang Tottenham Hotspur. Alhasil, klub Merseyside itu nangkring di puncak klasemen dengan poin 6.

Tampil di kandang sendiri, Everton langsung tampil menyerang. Mereka nyaris memimpin saat laga berjalan tiga menit. Sayang, tandukan Calvert-Lewin masih melebar.

WBA justru berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-10. Grady Diangana yang tak terjaga berhasil mencetak gol usai memaksimalkan umpan Matheus Pereira.

Kejadian itu membuat penggawa WBA tampil agresif. Mereka nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-22. Tetapi, upaya Jake Livermore bisa ditahan kiper Everton, Jordan Pickford.

Akhirnya Everton berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-31. Calvert-Lewin berhasil lolos dari jebakan offside dan menjebol gawang WBA lewat sontekannya.

Tim asuhan Carlo Ancelotti itu kemudian berbalik unggul pada menit ke-45. Kali ini, James Rodriguez yang mencetak gol lewat tembakan first-time, memanfaatkan umpan Richarlison.

Petaka bagi WBA, mereka kemudian harus bermain dengan 10 pemain. Kieran Gibbs yang mendorong lawan beraksi berlebihan. Wasit langsung memberikan kartu merah.

Begitu babak kedua dimulai, WBA langsung tampil menyerang. Mereka kemudian sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-47 melalui Matheus Pereira lewat tendangan bebasnya.

Hal itu tak membuat Everton patah semangat, dan kembali unggul pada menit ke-54. Michael Keane dengan cerdas membaca bola liar dan mengarahkan bola menuju gawang WBA.

Skuat The Toffees kemudian menambah keunggulannya pada menit ke-62. Calvert-Lewin mendapat umpan dari Richarlison dan menjebol gawang lawan lewat tembakannya.

Hujan gol kembali berlanjut pada menit ke-66. Calvert-Lewin mencetak hattrick berkat tendangan kerasnya. Dia sukses memanfaatkan sepak pojok James Rodriguez menjadi gol.

Everton kemudian kembali memasukkan bola ke gawang WBA pada menit ke-77. Namun, gol Richarlison itu dianulir, karena dia sudah berada di posisi offside terlebih dahulu.

SUSUNAN PEMAIN 
EVERTON (4-3-3) 
Pickford; Coleman, Mina, Keane, Digne; Doucoure (Sigurdsson 65), Allan, Gomes; Rodriguez (Kean 78), Calvert-Lewin (Iwobi 71), Richarlison 
Pelatih: Carlo Ancelotti

WEST BROMWICH ALBION (5-4-1) 
Johnstone; Gibbs, O’Shea, Bartley, Ajayi, Furlong; Diangana (Edwards 71), Sawyers (Field 75), Livemore, Pereira (Phillips 71); Robinsin 
Pelatih: Slaven Bilic

Editor : Abdul Haris