Cech Ingin Tutup Kariernya dengan Trofi Liga Europa bersama Arsenal

Abdul Haris ยท Jumat, 15 Maret 2019 - 09:45 WIB
Cech Ingin Tutup Kariernya dengan Trofi Liga Europa bersama Arsenal

Petr Cech (Foto: uefa.com)

LONDON, iNews.id – Kiper Arsenal Petr Cech berambisi menutup kariernya musim ini dengan meraih trofi Liga Europa bersama Arsenal.

Ya, kiper asal Republik Ceko itu sudah memastikan bakal pensiun di akhir musim ini. Dia tampil gemilang saat membantu klubnya pesta 3-0 atas klub Prancis Rennes pada leg kedua 16 besar Liga Europa di Emirates Stadium, London, Jumat (15/3/2019) dini hari WIB.

Hasil itu mengantarkan The Gunners lolos ke perempat final dengan agregat 4-3, sekaligus menjaga asa Arsenal meraih titel di ajang ini pada final yang akan digelar di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, 29 Mei mendatang.

“Mimpi saya pergi ke Baku dan menutup karier dengan trofi Liga Europa di tangan saya,” kata Cech setelah pertandingan kepada situs resmi UEFA.

“Titel itu bukan hanya untuk saya pribadi, tapi juga untuk klub. Sebab memenangi kompetisi ini selalu spesial," ujarnya.

Arsenal pantas mengandalkan kiper 36 tahun itu untuk memburu gelar di ajang nomor dua antarklub Benua Biru itu. Sebab, dia pernah mendapatkannya saat juara bersama Chelsea pada 2013 lalu.

Selain Liga Europa, Cech juga mampu memberikan banyak gelar lainnya untuk Chelsea, termasuk empat trofi Premier League, empat Piala FA, tiga Piala Liga Inggris, dan satu Liga Champions.

Terbukti, kehadirannya di bawah mistar Arsenal mampu menjaga keperawanan gawang klub tersebut sehingga tak kebobolan satu gol pun. Beberapa penyelamatan dilakukannya, termasuk kala dia menepis tembakan Ismaila Sarr di awal babak kedua.

“Jika kami kebobolan kapan pun itu, pertandingan bisa saja berlanjut ke babak tambahan waktu," tuturnya.

Ya, The Gunners memang sempat waswas karena kalah 1-3 pada leg pertama di kandang Rennes, pekan lalu. Sehingga, mereka harus kerja keras untuk membalikkan keadaan.

“Saya tahu ini bisa menjadi pertandingan terakhir saya untuk Arsenal, tetapi saya juga tahu dengan performa hebat yang bisa kami lalui. Kami membicarakannya di ruang ganti dan mengatakan, bahkan jika kami tersingkir, kami ingin melakukannya dengan kinerja terbaik,” ucap Cech.

Beruntung, The Gunners mampu bangkit, dan mencetak tiga gol yang dua di antaranya dicetak Pierre-Emerick Aubameyang, plus satu dari Ainsley Maitland-Niles.

“Kami menyulitkan posisi sendiri, namun akhirnya bisa keluar dari keadaan itu dan itu membuktikan karakter tim ini. Kami tetap fokus sepanjang 90 menit penuh,” kata Cech.


Editor : Abdul Haris