Cedera Hamstring, Rakitic Absen saat Kroasia Jumpa Inggris

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 17 November 2018 - 18:54 WIB
Cedera Hamstring, Rakitic Absen saat Kroasia Jumpa Inggris

Ivan Rakitic (Foto: Independent.co.uk)

LONDON, iNews.id – Kabar tak mengenakkan sambangi tim nasional Kroasia jelang bertandang ke markas Inggris di Wembley pada laga Grup 4 Liga A UEFA Nations League, Minggu (18/11/2018) malam WIB. Gelandang andalan Vatreni yakni Ivan Rakitic dipastikan absen akibat cedera hamstring. 
 
Dikutip Evening Standard, cedera pemain Barcelona itu didapat saat membantu Kroasia menang 3-2 atas Spanyol di Stadion Maksimir, Zagreb, Kamis (15/11/2018). Akibatnya, Rakitic harus digantikan Nikola Vlasic pada menit ke-68. 
 
Pelatih Kroasia Zlatko Dalic memastikan kalau Rakitic akan fokus menjalani pemulihan cederanya dan tidak akan ikut terbang ke London. Kehilangan mantan pemain Sevilla itu, membuat Dalic harus memutar otak guna mencari pengganti yang sepadan. Sebab, Rakitic memiliki peran vital di lini kedua Kroasia bersama Luka Modric.

Ketenangan Rakitic dalam menggiring bola dan kejeliannya dalam memberikan operan, kerap membuat aliran serangan Vatrenimenjadi lancar. Dalic diprediksi akan mengganti formasi yang semula 4-2-3-1 menjadi 4-1-4-1 seperti saat mentas di Piala Dunia 2018. 
 
Posisi jangkar akan ditempati Marcelo Brozovic. Kemudian empat gelandang yakni Modric, Ivan Perisic, Ante Rebic dan Vlasic akan bermain sejajar di lini kedua. Mereka diharapkan bisa bahu-membahu memberi suplai bola kepada Andrej Kramaric yang diplot sebagai targetman.  
 
Formasi terbaik wajib disiapkan Dalic. Sebab tiga poin melawan Inggris merupakan harga mati jika finalis Piala Dunia 2018 itu tidak ingin terdegradasi ke Liga B. Dengan satu laga tersisa, pasukan Dalic masih terdampar di dasar klasemen dengan nilai empat. Poin yang mereka kumpulkan sama dengan Tiga Singa di tangga kedua namun kalah selisih gol. 

Editor : Abdul Haris