Uji Coba Internasional

Cetak 2 Gol, Kylian Mbappe Ukir Rekor Baru

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 28 Maret 2018 - 07:28 WIB
Cetak 2 Gol, Kylian Mbappe Ukir Rekor Baru

Striker belia Prancis Kylian Mbappe (10) digendong Paul Pogba setelah dia mencetak gol ke gawang Rusia pada uji coba di Krestovsky Stadium, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. (Foto: Daily Mail)

SAINT PETERSBURG, iNews.id Kylian Mbappe menunjukkan potensinya bersama tim nasional Prancis saat melibas Rusia 3-1 pada uji coba di Krestovsky Stadium, Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Pemuda 19 tahun itu mencetak dua gol di laga tersebut.

Prestasinya itu membuat namanya tercatat dalam rekor anyar sebagai pemain Prancis era modern termuda yang mencetak dua gol. Namun pemain PSG itu mengaku tidak terlalu memusingkan rekor.

“Rasanya menyenangkan, tetapi yang terpenting adalah kemenangan. Saya tidak mengejar rekor,” kata Mbappe kepada TF1.

Menurutnya ada beberapa hal lain yang dinikmati dalam pertandingan tersebut. Karena rekan mainnya kali ini adalah pesepak bola Prancis pilihan, sangat mudah untuk diajak bermain.

“Saya bermain dengan pesepak bola yang mudah diajak bekerja sama, seperti Ousmane Dembele dan Anthony Martial, mereka pemain hebat. Kami dengan mudah menciptakan kesempatan yang apik dan itu merupakan awal yang bagus,” ujar Mbappe.

Yang pasti, kemenangan ini disambut senyum Pelatih Prancis Didier Deschamps. Dia mengaku puas dengan kinerja asuhannya. Setelah sebelumnya Les Bleus kalah 2-3 dari Kolombia, Sabtu (24/3/2018), Deschamps menyatakan tim asuhannya layak mendapat kemenangan di laga kali ini.

“Kami mencetak tiga gol dan selalu menciptakan kesempatan dengan strategi apa pun. Kami membuat lebih sedikit kesalahan di babak kedua walau sempat kebobolan,” kata Deschamp kepada.

Namun, pria yang sudah menangani Prancis semenjak tahun 2012 itu mengaku skuad Les Bleus memiliki beberapa hal yang harus dibenahi.

“Kami tidak melakukan segalanya dengan baik, namun tidak apa-apa karena sekarang para pemain menghadapi sejumlah pertandingan di level klub di luar timnas,” ujar Deschamp.

Mantan pelatih Juventus itu juga cukup terkesan dengan permainan Rusia. “Kami terkesan dengan gaya mereka bermain, sedikit terlalu banyak kualitas dan komitmen,” ucap Deschamp sembari bercanda.

Sejak laga dimulai, Prancis bermain dengan sangat cerdik. Keputusan Deschamps untuk mengubah taktik dari 4-2-3-1 menjadi 4-3-3 terbukti tepat dengan terciptanya gol pembuka ciptaan Mbappe pada menit ke-40.

Empat menit usai babak kedua dimulai, Pogba menunjukkan kelasnya ketika tendangan bebasnya menghujam gawang Rusia. Tim tuan rumah berusaha memperkecil ketinggalan melalui tembakan Smolov yang memanfaatkan umpan dari Igor Smolnikov (68).

Mbappe mengunci kemenangan Prancis melalui brace usai menerima umpan dari Blaise Matuidi di menit ke-83. Sayangnya, Mbappe langsung diganti tiga menit kemudian setelah bertabrakan dengan pemain Rusia.

SUSUNAN PEMAIN
RUSIA  (3-5-2)
Lunev; Kudyashov (Cheryshev 83), Neustadter, Granat; Golovin, Dzagoev (Anton Miranchuk 54), Samedov (Smolnikov 45), Zhirkov (Rausch 45), Erokhin (Shvets 76); Smolov, Aleksei Miranchuk (Zobolotny 66)
Pelatih: Stanislav Cherchesov

PRANCIS (4­-3­-3)
Lloris; Hernandez, Koscielny, Umtiti (Kimpembe 40), Pavard; Kante (Tolisso 66), Rabiot (Matuidi 81), Pogba; Mbappe (Lemar 87), Dembele (Giroud 72), Martial (Griezmann 59)
Pelatih: Didier Deschamps


Editor : Abdul Haris