Cetak 8 Gol SEA Games, Osvaldo Haay Samai Rekor Kurniawan Dwi Yulianto

Abdul Haris ยท Sabtu, 07 Desember 2019 - 23:25 WIB
Cetak 8 Gol SEA Games, Osvaldo Haay Samai Rekor Kurniawan Dwi Yulianto

Osvaldo Haay. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

MANILA, iNews.id – Pilar Timnas Indonesia U-23 Osvaldo Haay menunjukkan ketajamannya pada SEA Games 2019. Dari lima pertandingan, penyerang Persebaya Surabaya itu mampu menyumbang 8 gol yang membuatnya bercokol di puncak top skor sementara bersama mesin gol Timnas Vietnam U-23 Ha Duc Chinh.

Torehan itu membuat pemuda 22 tahun itu menyamai torehan striker legendaris Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto. Bahkan, dia sudah melewati catatan seniornya, Bambang Pamungkas yang mengemas 7 gol SEA Games.

Hebatnya lagi, Osvaldo mengemas semua gol itu dalam satu ajang SEA Games pada edisi tahun ini yang merupakan debutnya pada multiajang dua tahunan tersebut.

Sementara Kurniawan mampu mengoleksi 8 gol dalam dua edisi SEA Games pada 1995 dan 1997. Sedangkan Bepe –sapaan Bambang Pamungkas- melakukannya dalam tiga edisi (1999, 2001, 2003).

Kran gol Osvaldo tercipta saat Indonesia menang 2-0 atas Thailand di laga pertama. Kemudian, dia semakin menunjukkan ketajamannya lewat satu gol saat Garuda Muda menang 2-0 atas Singapura di laga kedua.

Sempat absen bikin gol saat kalah 1-2 dari Vietnam di laga ketiga, Osvaldo malah bikin hattrick ke gawang Brunei Darussalam pada laga keempat. Indonesia pesta 8-0.

Di laga terakhir fase grup, pria kelahiran Jayapura itu kembali bikin dua gol yang membuat Indonesia menang 4-0 atas Laos, dan memastikan lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup B.

Kemudian, di semifinal satu gol Osvaldo pada perpanjangan waktu membantu Indonesia menang 4-2 atas Myanmar.


Editor : Abdul Haris