Chelsea Gagal Juara Piala Super Eropa, Lampard Tetap Sanjung Pemainnya

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 15 Agustus 2019 - 09:40 WIB
Chelsea Gagal Juara Piala Super Eropa, Lampard Tetap Sanjung Pemainnya

Frank Lampard (Foto: AFP)

ISTANBUL, iNews.id – Pelatih Chelsea Frank Lampard tetap menyanjung kinerja pasukannya meski gagal juara Piala Super Eropa 2019. The Blues urung angkat piala karena kalah adu penalti 4-5 dari Liverpool setelah imbang 2-2 hingga babak tambahan di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. 
 
Bagi Klub London Barat itu, ini merupakan ketiga kalinya kalah pada Piala Super Eropa setelah 2012 dan 2013. Edisi 2012, mereka kandas 1-4 dari Atletico Madrid sebelum dibungkam Bayern Muenchen lewat adu penalti 4-5 setelah imbang 2-2 sampai babak tambahan, setahun berselang. 
 
Sejarah mencatat, hanya Barcelona dan Sevilla yang memiliki jumlah kegagalan lebih banyak pada ajang Piala Super Eropa yakni empat kali. 
 
Meski begitu, Lampard tetap kagum dengan semangat juang pasukannya yang mampu meladeni agresivitas penggawa The Reds. Dilansir laman UEFA, Chelsea mampu menguasai 49 persen aliran bola berbanding 51 persen. 
 
“Saya merasa kami tim yang lebih kuat meski masih bernasib buruk. Secara keseluruhan, saya bangga melihat kinerja para pemain. Saya tidak suka kalah. Kami ingin memenangkan pertandingan tetapi gagal,” kata Lampard kepada BT Sport
 
“Itu penampilan yang sangat bagus melawan tim yang telah dibangun selama bertahun-tahun. Apa yang saya lihat adalah hal yang saya inginkan dalam tim. Etos kerja, hasrat, bagaimana kami menjaga bola, bergerak dan berada di belakang lawan. Saya pikir setiap pemain memberikan segalanya,” ujarnya. 
 
Pada laga tersebut, Chelsea unggul lebih dulu berkat sumbangan Olivier Giroud pada menit ke-36, kemudian disamakan Sadio Mane (48). Di babak tambahan, Liverpool berbalik unggul berkat gol kedua Mane (95) yang bisa disamakan penalti Jorginho (101). 
 
Dalam babak tos-tosan, lima algojo Liverpool yaitu Roberto Firimino, Fabinho, Divock Origi, Trent Alexander-Arnold dan Mohamed Salah sukses menyarangkan bola ke gawang Chelsea yang dikawal Kepa Arrizabalaga. 
 
Sementara empat eksekutor The Blues yang bisa menjalankan tugasnya dengan baik yaitu Jorginho, Ross Barkley, Mason Mount dan Emerson Palmieri. Sayang, eksekutor kelima Tammy Abraham gagal mengeksekusi penalti setelah tendangannya diblok kiper Liverpool, Adrian San Miguel. 


Editor : Abdul Haris