Cile Dikalahkan Argentina, Rueda: Wasit Buat Kami Hilang Konsentrasi

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 08:39 WIB
Cile Dikalahkan Argentina, Rueda: Wasit Buat Kami Hilang Konsentrasi

Pelatih timnas Cile Reinaldo Rueda. (Foto: Juan MABROMATA/AFP)

SAO PAULO, iNews.id – Tim nasional Cile akhirnya gagal merebut posisi ketiga Copa America 2019, usai kalah 1-2 dari Argentina di Arena Corinthians, Minggu (7/7/2019) dini hari WIB. Pelatih timnas Cile Reinaldo Rueda menganggap keputusan wasit yang buruk, jadi penyebab timnya kehilangan konsentrasi.

Rueda menganggap wasit Mario Alberto Diaz de Vivar yang memimpin laga kerap membuat keputusan yang dipertanyakan. Keadaan itu membuat penggawa Cile tak bisa fokus bermain dan kesulitan tampil maksimal sepanjang pertaningan.

“Tensi pertandingan yang tinggi, serta lemahnya kepemimpinan wasit membuat kami kehilangan konsentrasi. Keadaan itu membuat kami melakukan kesalahan dan tertinggal,” kata Rueda dikutip CHV Noticias.

Salah satu keputusan wasit yang menurutnya absurd adalah ketika penggawa Cile Gary Medel dan pemain Argentina Lionel Messi yang tampak bertengkar langsung diusir pada menit ke-38. Rueda merasa kedua pemain tak seharusnya langsung mendapat kartu merah.

“Kejadian itu tidak seharusnya terjadi. Saya pikir, dalam kondisi normal, perselisihan tersebut seharusnya bisa ditangani dengan baik. Seharusnya mereka berdua cukup diberi kartu kuning,” ujarnya.

Juru taktik berusia 62 tahun itu menganggap wasit yang baik bakal membuat permainan tetap berjalan seimbang. Oleh sebab itu, dia kecewa melihat sang pengdali tak bijak dalam mengambil keputusan.

“Amat disayangkan kejadian seperti ini harus terjadi. Pengadil lapangan yang baik akan berusaha untuk mempertahankan 22 pemain hingga laga usai. Sepertinya sungguh menyedihkan pemain terbaik di dunia diusir dari lapangan,” tutur Rueda.

Editor : Haryo Jati Waseso