Piala Dunia 2018

Comeback, Belgia Kalahkan Jepang 3-2

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 03 Juli 2018 - 03:10 WIB
Comeback, Belgia Kalahkan Jepang 3-2

Winger Belgia Nacer Chadli (kanan) mencetak gol penentu kemenangan saat mengalahkan Jepang 3-2 di Rostov Arena, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB. (Foto: Daily Mail)

ROSTOV, iNews.id – Sempat tertinggal, tim nasional Belgia akhirnya menang 3-2 atas Jepang pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (3/7/2018) dini hari WIB. Berkat kemenangan itu, Setan Merah berhak lolos ke perempat final dan akan bertemu juara dunia lima kali Brasil.

Belgia mendominasi permainan sejak awal dan langsung berinisiatif menekan. Sayang ketatnya pressing yang dilakukan para pemain Samurai Biru, membuat Vincent Kompany dkk kesulitan mendapat ruang tembak.

Peluang baru Belgia dapatkan pada menit ke-21 lewat tendangan keras Romelu Lukaku dari luar kotak penalti. Tetapi, sepakan bomber Manchester United itu masih bisa diblok bek Jepang dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Melalui serangan balik, Jepang bisa mengancam pada menit ke-31. Takashi Inui mampu menanduk bola memanfaatkan umpan matang dari Yuto Nagatomo. Namun, sundulannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan kiper Belgia Thibaut Courtois.

Tiga menit babak kedua bergulir, Jepang memecah kebuntuan. Berawal dari serangan balik, Gaku Shibasaki memberikan umpan panjang kepada Genki Haraguchi. Tak pikir panjang, dia melepaskan tembakan keras tanpa bisa dihalau Courtois.

Gol tersebut memantik semangat penggawa Belgia untuk menyerang. Pada menit ke-50 skuat arahan Roberto Martinez hampir bisa menyamakan kedudukan. Sayang tendangan keras Eden Hazard hanya membentur tiang gawang Jepang.

Due menit berselang, justru Samurai Biru yang mampu menggandakan keunggulan. Mendapat umpan dari Kagawa, Takashi Inui melepaskan tembakan jarak jauh ke sudut kanan gawang yang memaksa Courtois memungut bola dari gawangnya.

Tertinggal dua gol membuat Martinez merubah strategi dengan memainkan Marouane Fellaini dan Nacer Chadli menggantikan Dries Mertens serta Yannick Ferreira-Carrasco pada menit ke-65. Tak menunggu lama, racikan juru taktik asal Spanyol itu lansgsung membuahkan hasil.

Belgia mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-69. Tandukan bek Jan Vertonghen dari sudut sempit sukses mengoyak gawang Jepang yang dijaga Eiji Kawashima. Lima menit kemudian giliran Fellaini yang berhasil mencetak gol penyeimbang juga lewat sundulan, memanfaatkan umpan silang Hazard.

Pada menit ke-85, Belgia hampir bisa berbalik unggul. Sayang sundulan bertubi-tubi dari jarak dekat yang dikirimkan Cadli dan Lukaku masih mampu dimentahkan Kawashima.

Baru pada menit keempat masa injury time, Belgia bisa memastikan kemenangan. Berawal dari serangan balik cepat, Thomas Meunier mengirimkan umpan silang yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Chadli.

SUSUNAN PEMAIN
BELGIA (3-4-3)

Courtois; Alderweireld, Kompany, Vertonghen; Meunier, De Bruyne, Witsel, Carrasco (Chadli 65); Mertens (Fellaini 65), Lukaku, Hazard
Pelatih: Roberto Martinez

JEPANG (4-2-3-1)
Kawashima; Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasebe, Shibasaki (Yamaguchi 81); Haraguchi (Honda 81), Kagawa, Inui; Osako 
Pelatih: Akira Nishino


Editor : Haryo Jati Waseso