Timnas Brasil

Coutinho Bisa Jadi Solusi Brasil Tanpa Neymar

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 27 Maret 2018 - 17:00 WIB
Coutinho Bisa Jadi Solusi Brasil Tanpa Neymar

Philippe Coutinho menyumbang satu gol saat Brasil pesta 3-0 atas Rusia, Kamis (23/3/2018). (Foto: eurosport.com)

BERLIN, iNews.id – Pelatih tim nasional Brasil Tite menyanjung Philippe Coutinho jelang bentrok kontra Jerman pada uji coba di Olympiastadion Berlin, Rabu (28/3/2018). Menurutnya, playmaker Barcelona itu memiliki kualitas yang komplet sebagai pesepak bola profesional.

Ujaran Tite memang bukan tanpa alasan. Dia melihat Coutinho memiliki bakat untuk membawa Brasil memenangkan trofi Piala Dunia keenam untuk Brasil di Rusia nanti. Sebab, sejauh ini penampilannya bersama Tim Samba begitu mengesankan. Terakhir, dia turut menyumbang satu gol saat membantu negaranya menang 3-0 atas Rusia, Jumat (23/3/2018).

“Kualitas apa yang menurut Anda penting dimiliki seorang pesepak bola? Dia (Coutinho) memilikinya,” kata juru taktik yang memiliki nama lengkap Adenor Leonardo Bacchi itu dikutip Sportlineng.

“Coutinho merupakan pemain yang sangat kuat. Dia memiliki umpan akurat, bisa melewati lawan, punya daya saing dan selalu sadar dengan posisinya. Tak hanya itu, dia juga memiliki kecepatan dalam berpikir dan mengeksekusi sesuatu. Dia salah satu pemain yang memiliki kedewasaan di atas lapangan dan itu penting,” ujar Tite menambahkan.

Tite pun yakin Coutinho akan bisa bekerjasama dengan para penggawa lini serang lainnya di Brasil. “Dia dan Willian sangat baik di area penyerangan. Dia dapat bermain baik dengan Douglas Costa atau pun rekan setimnya di Liverpool (Roberto) Firmino,” ujarnya.

Coutinho pun digadang-gadang bisa menjadi solusi bagi Brasil yang saat ini masih ditinggalkan Neymar Jr akibat cedera metatarsal.

“Saya pikir Coutinho merupakan pemain yang berada di level sama dengan Neymar. Dia memiliki pengaruh besar pada permainan kami dan dalam timnya,” ujar bek kanan Tim Samba Dani Alves dilansir The42.

Sejak 2010, Coutinho sudah melakoni 34 laga bersama Brasil dan membukukan sembilan gol. Pada laga melawan Jerman nanti, dia juga diharapkan bisa memberikan kontribusi positif untuk membalas kekalahan 1-7 dari Jerman pada Piala Dunia 2014 silam.

Editor : Abdul Haris