Timnas Belanda

Debut Bersama Timnas Belanda, Anak Patrick Kluivert Sakit Perut

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 27 Maret 2018 - 20:30 WIB
Debut Bersama Timnas Belanda, Anak Patrick Kluivert Sakit Perut

Debutan timnas Belanda Justin Kluivert (kanan) masuk menggantikan Memphis Depay pada uji coba kontra Portugal di Jenewa, Swiss, Selasa (27/3/2018) dini hari WIB. (Foto: Daily Mail)

JENEWA, iNews.id Justin Kluivert, putra dari pemain legendaris Barcelona Patrick Kluivert baru saja melakoni debut bersama tim nasional Belanda. Pemain yang baru berusia 18 tahun itu menjalani laga perdananya saat De Oranje menang 3-0 atas Portugal pada uji coba di Stade de Geneva, Jenewa, Swiss, Selasa (27/3/2018) dini hari WIB.

Pada laga tersebut, Kluivert Jr bermain pada menit ke-78 untuk menggantikan Memphis Depay. Saat itu dia mengaku merasakan gugup yang luar biasa. Bahkan dia mengungkapkan sempat mengalami sakit perut saat memasuki lapangan.

“Benar-benar perasaan yang luar biasa. Saya merasakan kegelisahan di bagian perut, sebab saya tahu pertandingan itu disaksikan banyak orang. Saya yakin seluruh keluarga di rumah sangat bangga dengan debut ini,” kata Kluivert Jr dikutip Soccerway.

Dia pun benar-benar tak menyangka bisa mengikuti jejak ayahnya memperkuat De Oranje. Namun, Kluivert Jr tentunya harus bekerja keras untuk mengalahkan rekor Kluivert Sr yang sudah mengemas 79 laga dan membukukan 40 gol untuk Belanda.

“Semuanya dimulai sekarang. Debut ini merupakan mimpi saya sejak kecil. Sekarang, hanya ini yang bisa saya berikan kepada Belanda. Tapi, saya berjanji akan tampil lebih maksimal pada laga selanjutnya,” tutur pria kelahiran Amsterdam itu.

Kluivert Jr memulai kariernya di akademi sepak bola Ajax pada 2007. Kemudian dia melakukan debut bersama Ajax Junior pada 16 September 2016. Berkat kepiawannya mengolah si kulit bundar, pemain bernomor punggung 45 itu langsung dipromosikan ke tim utama pada 15 Januari 2017.

Dia mencetak gol pertamanya di Liga Belanda ke gawang SBV Excelsior pada 19 Maret 2017. Kemudian pada awal paruh musim ini, Kluivert Jr juga berhasil membukukan hattrick pertamanya sepanjang karier dan membantu Ajax menang 5-1 atas Roda JC, 26 November 2017.

Berka torehannya itu, dia mengalahkan capaian ayahnya yang tak pernah mencetak tiga gol dalam satu pertandingan selama berkarier di Liga Belanda. Sejauh ini, Kluivert Jr sudah mengemas 50 laga bersama Ajax dan mencetak 10 gol di semua kompetisi.

Jika terus bisa menunjukkan performa positif , tak menutup kemungkinan Kluivert Jr bisa mengikuti jejak ayahnya bermain di klub-klub besar Eropa lainnya seperti AC Milan dan Barcelona.

Editor : Abdul Haris