Demi Tonton Final Liga Europa, 2 Fans Chelsea Tempuh Perjalanan 6 Hari

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 24 Mei 2019 - 16:27 WIB
Demi Tonton Final Liga Europa, 2 Fans Chelsea Tempuh Perjalanan 6 Hari

Pemain Chelsea. (Foto: Ben STANSALL/AFP)

BAKU, iNews.id – Dua fans Chelsea, seorang ayah dan anak bernama Kevin Cobb dan Jake Ralph menempuh perjalanan enam hari ke Baku. Mereka melakukan itu untuk menonton tim kesayangannya berlaga di final Liga Europa kontra Arsenal di Olympic Stadium, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB.

Jarak dari kediaman mereka di London ke Baku sekitar 5.000 kilometer. Jarak sejauh itu tentu membuat akomodasi perjalanan menjadi mahal dan menyulitkan suporter kedua tim.

Namun, Cobb dan Ralph tak menyerah begitu saja. Mereka menggunakan tiga moda transportasi berbeda demi menghemat biaya untuk sampai ke lokasi final kompetisi kasta kedua di Benua Biru itu.

Dilansir Daily Mail, keduanya mengawali perjalanan panjang tersebut dari Bandara Stansted, London, Selasa (21/5/2019) waktu setempat, mengambil penerbangan terakhir menuju Istanbul, Turki

Keesokan harinya, Cobb dan Ralph tiba di Turki dan melanjutkan perjalanan ke Ankara dengan menggunakan pesawat dalam penerbangan selama satu jam. Setibanya di sana, mereka harus menempuh perjalanan darat menggunakan kereta selama 24 jam.

Keduanya menaiki Kereta Dogu Ekspresi dari Ankara menuju Kars yang berjarak sekitar 1.310 kilometer. Setelah sehari penuh berada di dalam kereta, Cobb dan Ralph akhirnya tiba di Kars pada Jumat (24/5/2019).

Setelah menginjak perbatasan Georgia, mereka menyeberang ke Tbilisi menggunakan taksi. Keduanya pun menghabiskan akhir pekan sejenak di sana, sebelum lanjut menuju Baku dengan kereta pada Minggu (26/5/2019) dan sampai Senin (27/5/2019), atau dua hari sebelum laga final berlangsung.

Dalam wawancaranya, Ralph mengatakan, perjalanan yang dia lakukan dengan ayahnya semata-mata hanya untuk mengakali mahalnya biaya penerbangan resmi, sekitar 1.000 poundsterling (Rp18,2 juta) dan belum termasuk tiket stadion.

“Jadi daripada membayar mahal lewat agen perjalanan, kami memutuskan untuk melakukannya secara mandiri dan memulai perjalanan ini walau memang sedikit gila,” kata Ralph.

Tentu dengan pengorbanan yang begitu luar biasa, Cobb dan Ralph berharap bisa melihat Eden Hazard dkk angkat trofi Liga Europa. Terakhir kali The Blues melakukannya pada edisi 2012/2013, usai menumbangkan Benfica dengan skor 2-1 pada partai pamungkas.


Editor : Haryo Jati Waseso