Dibantu Komputer Canggih, Sejumlah Peneliti Tentukan yang Terhebat Antara Messi dan Ronaldo

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 26 Desember 2019 - 11:21 WIB
Dibantu Komputer Canggih, Sejumlah Peneliti Tentukan yang Terhebat Antara Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Foto: AFP)

LEUVEN, iNews.id – Perdebatan siapa yang lebih hebat antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu menarik untuk dibahas. Selain pecinta sepak bola, hal ini rupanya ikut menyita perhatian sejumlah peneliti dari SciSports.

Lewat bantuan komputer canggih, mereka melakukan penelitian yang melibatkan seorang profesor di Universitas KU Leuven, Belgia. Melansir laporan Sporza, mereka membuat program untuk menentukan siapa yang lebih baik antara Messi dan Ronaldo.

Hasilnya, Messi tercatat lebih unggul dari CR7. Penilaian diambil dari berbagai hal, tak sekadar perolehan gol. Peneliti ini menjadikan musim 2013/2014 hingga 2017/2018 sebagai sampel.

“Nilai seorang pemain sepak bola sering ditentukan lewat gol dan assist. Namun, gol merupakan peristiwa yang jarang terjadi. Karena rata-rata ada 1.600 aksi yang terjadi dalam satu pertandingan. Rumus yang kami buat melihat setiap aksi, tembakan ke gawang, operan, dribel, tekel, dan lain-lain,” kata Profesor Jesse Davis yang melakukan peneltian ini.

Messi memiliki nilai aksi 1,21 per pertandingan. Sementara Ronaldo hanya 0,61. Seorang mahasiswa PhD bernama Tom Decroos yang terlibat dalam penelitian menjelaskan angka-angka tersebut.

“Di musim pertama, skor Messi dan Ronaldo sangat dekat satu sama lain. Kemudian dari musim 2015/2016, Messi menjauh dari rival abadinya. Kami melihat banyak contoh. Ada pemain yang punya banyak aksi di lapangan tapi dengan nilai yang kurang tinggi, Paul Pogba misalnya,” ujar Decroos dikutip Sport Bible.

“Atau ada pemain yang cenderung hanya mencetak gol tapi punya dampak besar terhadap permainan. Pemain dengan tipikal seperti itu adalah Harry Kane, Ronaldo, dan Mohamed Salah. Messi luar biasa. Dia punya banyak aksi di lapangan dan juga nilai yang tinggi,” tuturnya.

Menariknya, skor Ronaldo hampir sama dengan Eden Hazard yang dinilai saat berseragam Chelsea. Bahkan Hazard punya skor lebih tinggi 0,64 lantaran punya pengaruh lebih besar di atas lapangan.

“Ronaldo pencetak gol klasik. Nilainya ditentukan dengan tembakannya yang sangat bagus. Hazard lebih banyak terlibat dalam permainan. Nilainya lebih tersebar di operan, dribel, dan tembakan,” kata anggota SciSports, Lotte Bransen.

Meski demikian, perdebatan ini tentu tak akan berakhir begitu saja. Sebab kedua pemain memiliki penggemar fanatik masing-masing yang memiliki teori lain untuk menentukan siapa yang terhebat sejagat raya.

Editor : Bagusthira Evan Pratama