Dipecat Barcelona, Ernesto Valverde Justru Cetak Rekor

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 15:05 WIB
Dipecat Barcelona, Ernesto Valverde Justru Cetak Rekor

Ernesto Valverde dipecat Barcelona (Foto: FIFA)

BARCELONA, iNews.id - Usai sudah karier Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona. Klub yang bermarkas di Estadio Camp Nou tersebut resmi memecat sang pelatih pada Selasa (14/1/2020) pagi WIB.

Meski sudah memberikan gelar bergengsi seperti juara La Liga dan Copa del Rey, kinerja Valverde tetap dikritik oleh banyak pihak. Puncaknya, dia didesak mundur ketika gagal membawa Los Blaugrana menjuarai Piala Super Spanyol 2019/2020.

Namun di balik pemecatan tersebut, Valverde rupanya mencatatkan sebuah rekor. Dia jadi pelatih pertama dalam 17 tahun yang mendapat surat pemecatan dari Barcelona.

Pelatih-pelatih Barcelona sebelumnya keluar karena alasan berbeda. Frank Rijkaard, Pep Guardiola, dan Luis Enrique berhenti setelah tidak memperpanjang kontrak. Sedangkan Tito Vilanova dan Gerardo Martino memilih mengundurkan diri.

Surat pemecatan terakhir didapat oleh Louis Van Gaal pada 26 Januari 2003 lalu. Ketika itu dia dipecat Barcelona karena menerima deretan hasil buruk.

Posisi Van Gaal kemudian digantikan oleh Radomir Antic. Dia menjadi pelatih sementara Barcelona sebelum akhirnya dilengserkan Rijkaard pada Juni 2003.

Editor : Bagusthira Evan Pratama