Piala Dunia 2018

Dipuji Southgate, Pickford Berpeluang Jadi Kiper Utama Inggris

Haryo Jati Waseso ยท Minggu, 03 Juni 2018 - 18:31:00 WIB
Dipuji Southgate, Pickford Berpeluang Jadi Kiper Utama Inggris
Kiper timnas Inggris Jordan Pickford beraksi ketika timnya mengalahkan Nigeria 2-1 di Wembley, Sabtu (2/6/2018). (Foto: Stars Post)

LONDON, iNews.id - Kiper tim nasional Inggris Jordan Pickford mendapatkan pujian dari pelatih Gareth Southgate karena penampilan apiknya saat The Three Lions menang 2-1 atas Nigeria di Wembley, Sabtu (2/6/2018). Peluangnya menjadi kiper utama di Piala Dunia 2018 menjadi terbuka lebar.

Pada pertandingan tersebut, gawang Pickford memang sempat jebol lewat gol Alex Iwobi di menit ke-47. Namun, kiper yang dimiliki Everton itu berhasil melakukan tiga penyelamatan penting. Pujian pun dilontarkan oleh Southgate.

“Saya puas dengan apa yang Jordan lakukan. Biasanya, ketika Anda bermain untuk Inggris tak ada banyak peluang untuk melakukan penyelamatan,” ujar Southgate seperti dilansir Sky Sports.

“Tetapi keputusannya mengamankan umpan silang, pukulannya, serta kontribusi dan ketenangan dalam mengumnpan ke tengah, sangat penting dalam permainan kami. Dia bisa merasa puas dengan penampilannya,” tutur mantan pembesut Middlesbrough itu.

Hal itu membuat peluang Pickford menjadi kiper utama kian besar. Dua kiper Inggris lainnya, Jack Butland serta Nick Pope dianggap belum memenuhi ekspektasi yang diharapkan Southgate.

Inggris akan melakoni uji coba selanjutnya menghadapi timnas Kosta Rika di Elland Road, Jumat (8/6/2018) dini hari WIB. Namun, untuk pertandingan tersebut Southgate mengaku belum memutuskan siapa kiper yang akan diturunkan.

“Kami akan memikirkan lebih dari 24 jam sampai 36 jam, siapa yang bermain di depan gawang melawan Kosta Rika,” ucap pelatih berusia 47 tahun tersebut. Pickford merupakan kiper muda Inggris yang tengah bersinar saat ini.

Penjaga gawang 24 tahun tersebut memulai debutnya dengan tim senior Inggris pada November 2017 lalu, kala menghadapi Jerman. Hingga saat ini, mantan kiper didikan Sunderland itu sudah 3 kali membela Tim Tiga Singa.  

Editor : Haryo Jati Waseso