Diselidiki Kejaksaan Swiss, Presiden FIFA Tetap Pertahankan Jabatannya

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 02 Agustus 2020 - 19:30 WIB
Diselidiki Kejaksaan Swiss, Presiden FIFA Tetap Pertahankan Jabatannya

Presiden FIFA Gianni Infantino. (Foto: AFP)

NYON, iNews.id – FIFA menegaskan akan tetap mempertahankan Gianni Infantino sebagai presiden mereka walau yang bersangkutan tengah diperiksa kejaksaan pidana khusus Swiss. FIFA menilai Infantino masih belum dinyatakan bersalah, sehingga belum perlu diturunkan.

Infantino diselidiki kejaksaan pidana khusus Swiss atas dugaan tindak kriminal. Hal itu dilatari karena dia mengadakan pertemuan dengan Jaksa Agung Swiss, Michael Lauber.

Menurut badan AB-BA yang mengawasi kejaksaan agung setempat, Jaksa Pidana Khusus Swiss, Stefan Keller, yang baru ditunjuk bulan lalu, menemukan indikasi tindakan kriminal terkait pertemuan Infantino dan Lauber.

Namun, hingga saat ini proses penyelidikan masih berjalan dan belum ada pengumuman pasti. Oleh sebab itu, FIFA merasa Infantino dianggap masih bisa memimpin.

Presiden FIFA saat ini tengah menjalani penyelidikan kriminal oleh kejaksaan pidana khusus Swiss. Tetapi, beliau belum menjadi terdakwa atau bersalah. FIFA dan presidennya akan terus bekerja sama dengan otoritas Swiss, hingga penyelidikan usai,” bunyi pernyataan FIFA dikutip Sky Sports, Minggu (2/8/2020).

Baik Lauber maupun Infantino membantah telah melakukan pelanggaran apapun. Dalam pernyataan resminya, FIFA menyatakan akan bekerja sama penuh selama penyelidikan dan Infantino bersikeras pertemuannya dengan Lauber sepenuhnya legal dan tak ada pelanggaran apapun.

Pekan lalu, Lauber mengundurkan diri setelah pengadilan administratif federal Swiss menyatakan dia telah menutup-nutupi pertemuannya dengan Infantino dan berbohong terhadap atasannya, ketika kantornya menyelidiki dugaan korupsi di FIFA.

Editor : Abdul Haris