Dituntut UEFA ke Pengadilan CFCB, Manchester City Kecewa

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 20:13 WIB
Dituntut UEFA ke Pengadilan CFCB, Manchester City Kecewa

Manchester City. (Foto: Glyn KIRK/AFP)

MANCHESTER, iNews.id – Federasi Sepak bola Eropa (UEFA) menuntut Manchester City ke pengadilan Badan Pengendali Finansial Klub (CFCB) terkait dugaan pelanggaran aturan financial fair play (FFP). Kubu City mengaku kecewa dengan keputusan UEFA

Klub milik Seikh Mansour itu dilaporkan terlibat dalam upaya penggelapan dana senilai 70 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) dari Abu Dhabi United Group. Hal itu dilakukan agar dana transfer pemain mereka lebih besar dari yang seharusnya dimiliki.

Selisih angka tersebut diduga didapatkan dari sang pemilik, Sheikh Mansour, lewat Abu Dhabi United Group untuk mendanai The Citizens. Menurut Sky Sports, perolehan dana semacam itu menyalahi aturan FFP UEFA. 

“Ketua CFCB yang telah berdiskusi dengan anggota pemeriksa independen dan telah memutuskan untk menyeret Manchester City ke pengadilan setelah pemeriksaan. Dewan pemeriksa CFCB telah melaksanakan investigasi sejak 7 Maret terkait potensi pelanggaran FFP,” bunyi pernyataan UEFA dikutip Sky Sports.

Menanggapi kondisi tersebut, pihak City pun langsung membuat pernyataan resmi. Mereka mengaku siap menjalani proses hukum, meski mengaku tak puas dengan keputusan UEFA.

“Pihak klub kecewa, namun tidak terkejut atas pengumuman pemanggilan CFCB. Kami yakin akan mendapat keputusan positif di hadapan badan peradilan Independen. Tuduhan keuangan yang tak sesuai itu tidak benar, dan dewan penyelidik CFCB mengacuhkan bukti yang kami berikan,” bunyi pernyataan klub.

“Keputusan itu mengandung kesalahan, salah tafsir dan membingungkan. Masih ada hal-hal penting yang belum terselesaikan, dan Manchester City merasa proses penyelidikan tidak memuaskan, memojokkan serta tak menguntungkan,” ujarnya.

Akibat tuduhan tersebut, City terancam tak boleh tampil di semua kompetisi UEFA, termasuk Liga Champions. Berstatus sebagai juara Premier League musim ini, Kevin De Bruyne lolos ke kasta tertinggi turnamen antarklub Eropa tersebut musim depan.



Editor : Haryo Jati Waseso