Dukung Persipura, Freeport Kucurkan Dana Rp7,5 Miliar per Tahun

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 21:45 WIB
Dukung Persipura, Freeport Kucurkan Dana Rp7,5 Miliar per Tahun

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas (dua dari kanan) menerima kostum Persipura Jayapura dari Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano di Jakarta, belum lama ini. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.idPT Freeport Indonesia (PTFI) mempertegas komitmennya untuk kembali mendukung klub Persipura Jayapura. Dukungan ini diwujudkan dengan pengucuran dana Rp7,5 miliar bagi Persipura untuk mengarungi kompetisi musim depan.

Dukungan bagi klub berjuluk Mutiara Hitam ini ditandai dengan penyerahan dokumen kerja sama dari Presiden Direktur PTFI Tony Wenas kepada Ketua Umum Persipura sekaligus Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.

Turut hadir dalam momen tersebut Manajer Persipura Rudy Maswi, Pelatih Jacksen F Tiago dan seluruh pemain Persipura, serta manajemen PTFI.

Sejak Januari 2019, Persipura telah mendapatkan kepastian kucuran dana dari Freeport Rp7,5 miliar per tahun. Dukungan sponsor dengan total Rp15 miliar ini ditujukan untuk Kompetisi Liga 1 Indonesia dan kompetisi-kompetisi lainnya dalam periode 2019 dan 2020.

Jika dihitung sejak 2012, total dukungan PTFI kepada Persipura mencapai nilai Rp65,8 miliar. Kontribusi signifikan ini mencerminkan kecintaan kuat perusahaan ini kepada Persipura.

“Kami sebagai tim Persipura menyampaikan terima kasih kepada Freeport juga masyarakat Papua. Mereka telah memberikan kebanggaan kepada tim orang Papua melalui Peripura,” kata Benhur Tomi Mano, dikutip Jumat (5/12/2019).

Sejak bermitra dengan PTFI, Persipura banyak menorehkan prestasi melalui berbagai kompetisi, seperti empat kali juara Liga Indonesia. Melalui sepakbola, Persipura telah mengangkat harkat dan martabat bukan hanya Papua, tetapi juga Indonesia di tingkat global.

Presdir PTFI Tony Wenas berharap kerja sama dan bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga Persipura dapat terus meningkatkan performanya. Selain itu, dapat berlaga pada AFC 2020.

“Seluruh Papua dan PTFI yang beroperasi di Papua sangat mencintai dan sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh Persipura,”kata Tony.

Manajer Persipura Rudi Maswi merespons dukungan tersebut. Dia opitmistis Persipura dapat semakin baik ke depannya. Sebab, mereka tidak lagi memikirkan biaya operasional dan dapat mulai bidding pemain baru pada 2020 nanti.

Hal senada dilontarkan Pelatih Persipura Jacksen F Tiago. Dia mengapresiasi kerja sama ini dan berkeinginan bantuan itu dapat mendongkrak prestasi klub.

“Semoga dengan kerja sama ini, tim Persipura bisa lebih berprestasi dan PTFI semakin jaya serta tercapai targetnya,” kata pria berdarah Brasil ini.

Editor : Zen Teguh