Liga Spanyol

Espanyol Vs Barcelona: 2-2, De Jong Diusir Wasit

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 05 Januari 2020 - 04:56 WIB
Espanyol Vs Barcelona: 2-2, De Jong Diusir Wasit

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong (ketiga kiri) mendapat kartu merah saat menghadapi Espanyol di RCDE Stadium pada jornada ke-19 La Liga, Minggu (5/1/2020) dini hari WIB. (Foto: Teller Report)

BARCELONA, iNews.id – Barcelona bermain imbang 2-2 pada Derbi Katalan di kandang Espanyol di RCDE Stadium pada jornada ke-19 La Liga, Minggu (5/1/2020) dini hari WIB. Hasil ini tak lepas dari kartu merah yang diterima Frenkie de Jong pada menit ke-75.

Pada laga itu, Barcelona memulai laga dengan serangan demi serangan. Dimulai dengan upaya Ivan Rakitic pada menit pertama yang gagal menemui sasaran. Tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti melenceng ke kiri gawang.

Kemudian, Espanyol secara mengejutkan bisa unggul pada menit ke-23. Dari bola mati, Marc Roca melepaskan umpan silang ke kotak penalti Barcelona. David Lopez yang menunggu di sana menyambutnya dengan sundulan dan sukses menjebol gawang tim tamu yang dikawal Neto.

Kejadian itu membuat Barcelona semakin gencar melakukan serangan untuk mengejar ketertinggalan. Sayang, sejumlah serangan yang mereka lancarkan masih belum membuahkan hasil.

Blaugrana sempat membuat peluang pada menit ke-40, namun tembakan Lionel Messi masih belum bisa menemui sasaran.

Pada babak kedua, Barcelona mempercepat intensitas serangannya. Mereka pun sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-50. Luis Suarez mencetak gol mencetak gol, usai meneruskan umpan dari Jordi Alba.

Skuat asuhan Ernesto Valverde itu tak membutuhkan waktu lama untuk berbalik memimpin. Tepatnya pada menit ke-59, Arturo Vidal berhasil memaksimalkan umpan Suarez dan menanduk bola untuk menjebol gawang lawan.

Keadaan itu membuat Barcelona semakin gencar melancarkan serangan. Mereka pun hampir menambah keunggulan pada menit ke-64. Sayang, serangan Suarez kali ini masih bisa diamankan kiper Espanyol Diego Lopez.

Petaka bagi Barcelona, mereka harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-75. De Jong mendapat kartu kuning keduanya usai menarik kaus Jonathan Calleri. Dia pun langsung diusir dari lapangan.

Kejadian itu dimaksimalkan dengan baik oleh Espanyol. Mereka berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-88 lewat gol Wu Lei. Menerima umpan Matias Vargas, dia melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Neto.

Hasil ini membuat poin Barcelona menjadi sama-sama 40 dengan Real Madrid yang pesta 3-0 di kandang Getafe pada laga sebelumnya. Namun, Messi dkk berhak kembali ke puncak karena unggul selisih gol. Sementara Espanyol masih di posisi terbawah dengan nilai 11.  

SUSUNAN PEMAIN  
ESPANYOL (3-1-4-2) 
 
Diego Lopez; Naldo, Vila, Javi Lopez, Bernardo; Roca, David Lopez (Iturraspe 67), Perea (Vargas 62), Melendo (Wu 74); Darder, Calleri 
Pelatih: Abelardo Fernandez

BARCELONA (4-3-3)  
Neto; Roberto, Lenglet, Pique, Alba; Busquets, De Jong, Rakitic (Vidal 46); Griezmann (Semedo 80), Messi, Suarez 
Pelatih: Ernesto Valverde

Editor : Abdul Haris